Eyang Dalem Mangkurat Datar, Makamnya Sepanjang 9 Meter Banyak Dikunjungi Peziarah

- Senin, 16 Mei 2022 | 12:24 WIB
Makam Keramat Eyang Dalem Mangkurat Datar yang lokasinya tak jauh dari Pemkab Bandung Barat memiliki panjang 9 meter. (Agus SN)
Makam Keramat Eyang Dalem Mangkurat Datar yang lokasinya tak jauh dari Pemkab Bandung Barat memiliki panjang 9 meter. (Agus SN)


INILAHKORAN, Ngamprah - Sejarah dan budaya yang ada di Kabupaten Bandung Barat seakan tak pernah habis untuk digali, baik itu berasal dari tradisi lisan atau folklor. Salah satuya makam keramat Eyang Dalem Mangkurat Datar.

Lokasi makam keramat Eyang Dalem Mangkurat Datar yang memiliki panjang 9 meter tersebut berada kurang lebih jaraknya sejauh dari 2 kilometer dari kantor Pemerintah Daerah (Pemda) KBB.

Makam Keramat Eyang Dalem Manggurat Datar, makam keramat ini bertempat di Kampung Embe, Desa Cimanggu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Baca Juga: Tujuh Kontestan Bakal Ikuti Pemilihan Ketua KONI KBB

Selain karena panjangnya yang mencapai 9 meter, Makam Keramat Eyang Dalem Manggurat Datar juga kerap diziarahi berbagai kalangan, terutaman seniman dan seniwati yang ada di KBB.

Juru Kunci Makam Keramat Eyang Dalem Manggurat Datar, Abah Damin Permana Putra mengatakan, Makam Keramat Eyang Dalem Manggurat Datar bisa diziarahi oleh siapa saja. Bahkan ada yang dari Cianjur, Garut, termasuk dari pribumi.

"Alhamdulillah selama ini banyak yang datang dan berziarah ke Makan Keramat Eyang Dalem Manggurat Datar dari luar dan dalam kota," katanya.

Baca Juga: Haru! Bocah-bocah Ini Datangi Makam Sahabatnya Selama 7 Hari Sambil Bacakan Yasin

Ia menuturkan, biasanya setiap tanggal 14 bulan Mulud (Rabiul Awal) kerap diadakan ritual Ngabungbang atau memandikan pusaka-pusaka karuhun zaman dulu.

Tak hanya itu, kata dia, peziarah yang datang kerap kali dari berbagai kalangan terutama para seniman baik dari lingkungan Pasir Embe maupun seniman luar.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X