Tabarukan Bareng Anak Yatim dan Duafa, Bentuk Syukuran Pesantren Tahfidz dan literasi Muhammad Alfatih

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:56 WIB
Pesantren Tahfidz dan literasi Muhammad Alfatih (Patalirasa) menggelar syukuran  atau tabarukan dengan mengundang anak yatim piatu. (Okky Adiana)
Pesantren Tahfidz dan literasi Muhammad Alfatih (Patalirasa) menggelar syukuran atau tabarukan dengan mengundang anak yatim piatu. (Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Pesantren Tahfidz dan literasi Muhammad Alfatih (Patalirasa) RW 09 Kudang Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung menggelar acara tahunan yakni Tabarukan bersama Yatim dan Dhuafa.

Hal ini sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas pembangunan lantai 1 Pesantren Tahfidz dan literasi Muhammad Alfatih (Patalirasa), juga merupakan agenda rutin. Lantai 1 untuk Aula, kantor, perpustakaan dan toilet.

Pengasuh Pesantren Tahfidz dan Literasi Muhammad Alfatih Patalirasa Nono Daryono mengatakan, Aula ini dipakai untuk acara pengajian bersama anak-anak, remaja dan orang tua. Juga untuk Muhadoroh Ikatan Remaja Muhammad Alfatih Kudang (IRMAKU).

Baca Juga: TERNYATA, Lalu lintas GT Soroja Bandung Lebih Ramai Libur Waisak Ketimbang Lebaran

Majlis Ta'lim dan Majlis Dzikir, untuk kegiatan Semaan mendengarkan hafalan Alquran anak-anak dan untuk acara acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) serta perlombaan syiar keagamaan.

Tujuannya, agar anak-anak faham dan fasihat serta hafal Alquran. Terlebih dahulu disampaikan pengajaran tentang adab. Adab di atas ilmu. Agar anak-anak memiliki akhlak baik sesuai yang dihafalnya Alquran, mempunyai ruh dalam kehidupan anak.

"Serta mampu mendakwahkannya untuk menjadikan Alquran sebagai tuntunan dan pedoman hidupnya. Dipadukan dengan kecakan literasinya, pesan pesan moral Alquran dituliskan oleh anak sebagai buah dari perenungan anak terhadap apa yang di sampaikan Alquran," ujar Nono Daryono, Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga: Tips Menghafal Quran Ala Ustadz Hanan Attaki, Bisa Dicoba Meski Bukan Anak Pesantren

Dia berharap, bahwa dengan di bangunnya pesantren Tahfidz dan Literasi Muhammad al-Fatih (Patalirasa), bisa bermanfaat untuk generasi dan warga RW 09 Kudang Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, khususnya dan ummat pada umumnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X