• Senin, 4 Juli 2022

Antisipasi Wabah PMK, Kota Bandung Akan Bentuk Satgas Penanganan

- Jumat, 20 Mei 2022 | 13:00 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna bicara soal antisipasi wabah PMK. (Yogo Triastopo)
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna bicara soal antisipasi wabah PMK. (Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membentuk satuan tugas (satgas) untuk memonitoring dan memperketat lalu lintas hewan ternak dalam mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna, Pemkot Bandung saat ini terus melakukan sosialisasi secara gencar terkait wabah PMK kepada seluruh peternak meski belum ditemui adanya kasus.

Baca Juga: Wabah PMK Merebak, Peternak Sapi di Bandung Khawatir tapi Ada Senangya...

"Saya sudah minta secepatnya agar satgas ini dibentuk, dan saya sudah menyampaikan ke pak wali kota. Satgas ini bentuknya tidak berbeda jauh dengan satgas Covid-19, hanya polanya saja yang berbeda," kata Ema Sumarna, Jumat 20 Mei 2022.

Dikemukakan Ema Sumarna, satgas tersebut nantinya akan melakukan pengawasan, pengecekan setiap hewan ternak di Kota Bandung. Tim akan mendata dan mensortir secara ketat setiap hewan yang masuk.

Baca Juga: Gawat! Kebutuhan Hewan Kurban di Kota Bandung Terancam Tak Terpenuhi

"Kita semua ingin aman, dan kita tidak bisa melarang mereka tidak berdagang. Tapi dengan catatan semua sudah aman dengan tersertifikasi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Belum nanti pedagang musiman (Idul Adha). Ini harus diantisipasi," ucapnya.

Ema menambahkan, Pemkot Bandung pun, kini tengah mengajukan vaksinasi hewan ternak kepada pemerintah pusat. Termasuk soal kegiatan rapid test yang kini tengah dimatangkan perencanaannya.

Baca Juga: Kepala BPK Jabar Diperiksa KPK Soal Suap Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X