Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung  meraih predikat opini wajar 'wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2021. (Yogo Triastopo)
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meraih predikat opini wajar 'wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2021. (Yogo Triastopo)
 
INILAHKORAN, Bandung - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung  meraih predikat opini wajar 'wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2021. Proses audit laporan keuangan Baznas Kota Bandung dilakukan Kantor Akuntan Publik AR Utomo Pada 14 Maret hingga 8 April 2022.
 
Ketua Baznas Kota Bandung Akhmad Roziqin mengaku, bersyukur atas capaian tersebut. Menurutnya, status WTP yang diraih Baznas Kota Bandung menjadi tonggak untuk terus membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
 
"Kami telah mendapatkan hasil opini wajar tanpa pengecualian. Tentu opini ini sangat penting untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan public kepada Baznas Kota Bandung, kami ucapkan terimakasih kepada tim audit yang telah melakukan kegiatan audit secara objektif," kata Akhmad Roziqin, Sabtu 21 Mei 2022.
 
 
Wakil Ketua III Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Baznas Kota Bandung Dudit Setiadi menjelaskan, tujuan dari audit keuangan Baznas Kota Bandung adalah sebagai bentuk tanggungjawab pengelolaan dana publik serta tranparansi dan akuntabilitas. 
 
Hal tersebut, dikemukakan Dudit Setiadi sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, dan untuk mendapatkan opini kewajaran dalam pengelelolaan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi zakat. 
 
“Sama seperti lembaga lain pada umumnya, audit atas laporan keuangan dimaksud untuk mengetahuiu pendapat tentang kewajaran, dalam semua hal yang material, seperti laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi dalam hal ini  PSAK 109," kata Dudit Setiadi. 
 
 
Dudit Setiadi menambahkan, tujuan ekternal dari audit keuangan tidak lain untuk menunjukan pengelolaan dana zakat yang dilakukan Baznas Kota Bandung sesuai dengan peraturan yang  ada. 
 
"Adapun secara ekternal, kita ingin menujukkan bahwa pengelolaan dana zakat yang dilakukan Baznas Kota Bandung sesuai dengan peraturan yang sudah ada," ucapnya. 
 
Baznas Kota Bandung mendapatkan opini wajar selama tiga tahun berturut-turut dari 2019 hingga 2021. Pihak auditor menyampaikan selamat atas hasil audit keuangan Baznas Kota Bandung yang mendapatkan opini wajar dalam semua hal atau wajar tanpa pengecualian. *** (Yogo Triastopo) 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X