Tim Cool Roof UPI Luncurkan Becool, Solusi Mengatasi Pemanasan Global

- Minggu, 22 Mei 2022 | 10:06 WIB
Tim Cool Roof Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan mitra Internasional telah mengeluarkan produk yang diberi label BeCool. (Okky Adiana)
Tim Cool Roof Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan mitra Internasional telah mengeluarkan produk yang diberi label BeCool. (Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Tim Cool Roof Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan mitra Internasional telah mengeluarkan produk yang diberi label BeCool yang berarti menjadi dingin.

BeCool ini berupa Cat Reflektif Surya untuk melindungi ruangan dari panas radiasi matahari tanpa penggunaan AC.

Produk di bawah lisensi Milenium Solution, USA ini, diproduksi dilab Sains, Teknologi, dan Material Bangunan UPI dan telah didaftarkan di direktorat jendral kekayaan intelektual dan bersitifikat coolroof rating council (CRRC).

Baca Juga: Begini Jawaban Ussy Usai Andhika Pratama Dituduh Sering Beri Uang Jajan ke Chandrika Chika

Asisten Profesor pada Program Studi Arsitektur Fakultas Teknologi dan Kejurusan (FPTK) UPI yang sekaligus manajer proyek Cool Roofs Indonesia Beta Paramita menjelaskan, bahwa beCool sebagai solusi dalam mengatasi pemanasan global sebagai dampak dari kepadatan bangunan terurama pada kota-kota besar dan menimbulkan fenomena Urban Heat Island (UHI).

Tren pemanasan berlanjut dan suhu global pada tahun 2021 = 0,85 derajat Celcius di atas rata-rata sejak pencatatan modern dimulai pada tahun 1880. Fenomena ini ditandai dengan semakin meningkatnya suhu kawasan pusat kota dibandingkan dengan kawasan di sekitarnya.

Baca Juga: Dipuncaki Lim Young Woong, BTS, PSY dan IU, Ini 30 Peringkat Reputasi Merek Penyanyi K-Pop Bulan Mei

"Kepadatan bangunan, gelombang pendek radiasi matahari yang terpantul pada material-material penutup kota menyebabkan panas yang terperangkap dan menimbulkan peningkatan iklim mikro kawasan," ujar Beta Paramita, Sabtu 21 Mei 2022.

Menurut dia, beCool ini berwarna putih yang memiliki spesifikasi SRI 106, solar reflectance 0,84, thermal emittance 0,90, sehingga mampu menghemat biaya listrik 5-6% dari total pemakaian per bulan. Waktu pengeringannya cukup cepat + 30 menit.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X