Tak Hanya di Cirebon, Ribuan Calon Jamaah Haji Kabupaten Bandung Pun Gagal Berangkat Tahun Ini

- Minggu, 22 Mei 2022 | 12:50 WIB
Ribuan calpn jamaah haji asal Kabupaten Bandung gagal berangkat tahun ini lantaran adanya kebijakan baru dari pemerintah Arab Saudi (Ilustrasi jemaah haji net)
Ribuan calpn jamaah haji asal Kabupaten Bandung gagal berangkat tahun ini lantaran adanya kebijakan baru dari pemerintah Arab Saudi (Ilustrasi jemaah haji net)

 

INILAHKORAN, Bandung - Sebanyak 1.1076 calon jamaah haji asal Kabupaten Bandung gagal berangkat haji tahun ini. Ini terjadi karena kebijakan dari Pemerintah Saudi Arabia yang melarang calon jamaah haji yang berusia diatas 65 tahun dan dibawah 18 tahun.

"Meskipun berat namun mereka dapat menerimanya. Dan kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu kebijakan Pemerintah Saudi Arabia, yah kita harus ikut saja sama kebijakan tuan rumah," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Isak Asnawi, Minggu 22 Mei 2022.

Dikatakan Asnawi, untuk calon jamaah haji yang masuk dalam katagori usia tersebut, diproyeksikan untuk tahun depan. Semoga saja, pada tahun depan Pemerintaj Saudi Arabia menghapus kembali aturan tersebut. Maka dari itu, para calon jamaah haji yang gagal diberangkatkan ini, tidak melakukan pembatalan serta tidak menarik kembali tabungan hajinya.

Baca Juga: Menag Yaqut Terbang ke Saudi, Pastikan Layanan untuk Jemaah Haji Indonesia Aman

"Tidak dibatalkan, yah mungkin tahun ini karena percobaan. Kan sebelum haji setiap hari juga umroh dulu dilakukan percobaan. Nah sekarang setelah umroh berjalan normal, haji baru dibuka lagi," katanya.

Sementara itu, Ratna Wulandari (35) salah seorang warga Kabupaten Bandung, anak dari salah seorang calon jamaah haji yang bat diberangkatkan, mengatakan, orang tuanya yang telah berusia 66 tahun mengaku pasrah. Meskipun sedih tai bisa bertamu ke rumah Alloh SWT, namun orang tua dan semua keluarganya itu menerima keputusan dari Pemerintah Saudi Arabia itu.

"Orang tua saya sedih, sudah menabung bertahun-tahun. Tapi enggak bisa berangkat, padahal pergi ke tanah suci itu jadi cita-cita setiap orang Muslim. Yah pasrah saja, mungkin belum ada nasib orang tua saya bisa berziarah ke tanah suci Mekah," katanya.(rd dani r nugraha).

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X