Selain Harus Adil, PPDB 2022 Juga Harus Transparan dan Akuntabel

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:46 WIB
Dan Satriana, pengamat pendidikan Jawa Barat  menyebutk PPDB 2022 selain harus adil juga harus transparan dan akuntabel serta informasinya terbuka untuk masyarakat.
Dan Satriana, pengamat pendidikan Jawa Barat menyebutk PPDB 2022 selain harus adil juga harus transparan dan akuntabel serta informasinya terbuka untuk masyarakat.


INILAHKORAN, Bandung - Bukan hanya adil dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022, tapi juga harus berlangsung transpararan, lengkap, dan akuntabel. Hal itulah yang diungkapkan oleh Pengamat Pendidikan, Dan Satriana.

Menurut Dan Satriana, semua tahapan dan proses PPDB 2022 harus diumumkan secara rinci, sehingga menjadi sumber informasi dan menjadi pintu masuk pengawasan masyarakat.

Pelaksanaan PPDB 2022 online yang sudah berjalan lancar selama ini mungkin perlu disempurnakan antara lain dengan menampilkan urutan peringkat calon pendaftar sejak tahun pendaftaran.

Baca Juga: Info Lengkap PPDB Tahun 2022 di Jawa Barat: Tanggal, Jalur, dan Cara Daftar

"Informasi ini diperlukan agar calon peserta didik dapat mengetahui peluang mereka untuk menentukan pilihan di satu sekolah tertentu," ujar Dan Satriana, Senin 23 Mei 2022.

Menurut dia, salah satu peran penting pemerintah dalam PPDB 2022 ini adalah menjamin seluruh peserta didik yang melalui jalur afirmasi, terutama peserta didik dari keluarga yang tidak mampu dan berkebutuhan khusus dapat meneruskan pendidikan mereka.

Jalur afirmasi yang disediakan dalam PPDB 2022 ini, lanjut dia, harus dilaksanakan pemerintah secara aktif dengan cara mencari data dari sekolah asal dan menyalurkan seluruh peserta didik yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dan berkebutuhan khusus tersebut di sekolah negeri dan swasta dengan dukungan pembiayaan sepenuhnya dari pemerintah.

Baca Juga: Siswa Masuk Sekolah Kamis 12 Mei 2022, Begini Kata Pengamat Pendidikan Dan Satriana

Selain itu, hal lain yang perlu dikembangkan terus adalah pengelolaan pengaduan secara berjenjang. Waktu penyelenggaraan PPDB 2022 yang singkat perlu dibarengi dengan pengelolaan pengaduan yang cepat dan mudah.

"Seluruh pengaduan masyarakat harus dijamin dapat ditanggapi dan diselesaikan selama waktu penyelenggaraan PPDB 2022," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X