• Selasa, 5 Juli 2022

Bale Pinton Ciburuy Dibongkar Sepihak, Para Seniman KBB Merasa Dirampas Kreativitasnya

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:08 WIB
Para seniman di KBB merasa haknya dirampas atas pembongkaran sepihak Bale Pinton Ciburuy oleh Pemprov Jabar. (Agus SN)
Para seniman di KBB merasa haknya dirampas atas pembongkaran sepihak Bale Pinton Ciburuy oleh Pemprov Jabar. (Agus SN)

 

INILAHKORAN, Ngamprah - Pasca dibongkarnya Bale Pinton Ciburuy membuat kesal para seniman dan budayawan yang ada di Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) membongkar Bale Pinton Ciburuy yang ada di kawasan wisata Situ Ciburuy tanpa adanya pemberitahuan kepada para pelaku seni dan budaya termasuk warga sekitar.

Seniman dan Budayawan KBB, Abah Nanung mengatakan, dampak dari dibongkarnya Bale Pinton yang paling ekstrem itu adalah merampas hak kreativitas para seniman.

Baca Juga: Bale Pinton Ciburuy Dibongkar, Pelaku Seni di KBB Kecewa

"Ruang publik seniman itu tidak terbatas, ada dimana mana. Termasuk mengisi ruang-ruangnya itu adalah di Balai Pinton ini," katanya saat ditemui.

Ia menilai, salah satu bentuk kontribusi para seniman untuk pemerintah itu, yakni dengan melakukan berbagai aktivitas kesenian dan melestarikan kesenian yang ada di wilayahnya.

"Tapi ketika ini dibongkar berarti pertanyaan saya berarti tidak ada kepedulian lagi terhadap kebudayaan. Yang paling bodoh tidak membaca Undang-undang (UU) tentang pemajuan kebudayaan," ujarnya.

Baca Juga: Pedagang Sapi di KBB Menjerit Jelang Idul Adha, Pasokan Terhenti Sementara

Ia menyebut, kalau pihak Pemprov Jabar membaca UU tentang pemajuan kebudayaan. Maka, Bale Pinton ini tidak akan dibongkar.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:05 WIB
X