• Kamis, 7 Juli 2022

Bosan Kebanjiran, Warga RW 05 Desa Rahayu Minta Bupati Dadang Supriatna Turun Tangan

- Senin, 23 Mei 2022 | 14:33 WIB
Bosan selalu kebanjiran akibat melupnya Sungai Cikeueus, warga Desa Rahayu minta Bupati Dadang Supriatna turun tangan. (Rd Dani R Nugraha)
Bosan selalu kebanjiran akibat melupnya Sungai Cikeueus, warga Desa Rahayu minta Bupati Dadang Supriatna turun tangan. (Rd Dani R Nugraha)

INILAHKORAN, Soreang - Warga di enam RT di RW 5 Desa Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung mengeluhkan sering jebolnya tanggul Sungai Cikeueus.

Akibat jebolnya tanggul Sungai Cikeueus, ratusan rumah milik warga selalu kebanjiran dengan ketinggian 70 sentimeter hingga 1 meter.

Ketua RW 05 Desa Rahayu, Asep Andian mengatakan, jebolnya tanggul Sungai Cikeueus sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Dan ketika air dari Sungai Cikeueus itu besar, otomatis meluap masuk kepemukiman warga.

Baca Juga: Kolam Retensi Pusenkav Diharapkan Atasi Banjir Turangga

Rumah warga yang terendam banjir ini jumlahnya ratusan rumah yang tersebar di RT 4,5,6,7 dan 8 di RW 05. Dalam setahun, banjir yang merendam pemukiman warga itu bisa terjadi 10 kali banjir.

"Biasanya kalau banjir lamanya sekitar 5 jam. Yah setiap banjir warga disini harus siap-sip saja angkat-angkat barang di rumah dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. ini sudah berlangsung lama lebih dari 10,"kata Asep, Senin 23 Mei 2022.

Sebenarnya, kata Asep, selama ini warga selalu berupaya memperbaiki tanggul tersebut. Namun sayangnya, jebol kembali. Karena memang hanya diperbaiki dengan swadaya masyarakat dengan material seadanya.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Serahkan 56 Ton Beras untuk Korban Banjir Ciamis

Permasalahan ini, sudah beberapa kali disampaikan kepada pemerintah setempat. Namun sayangnya, untuk beberapa titik tanggul ditempat itu belum juga mendapat giliran perbaikan.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 7 Juli 2022

Kamis, 7 Juli 2022 | 08:05 WIB

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X