• Selasa, 5 Juli 2022

Kawal PPDB 2022, Saber Pungli Jabar: Kepala Sekolah Jangan Tergiur Sogokan

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:50 WIB
 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 sudah di depan mata. Namun sejumlah warga masih keliru soal PPDB tingkat SMA.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 sudah di depan mata. Namun sejumlah warga masih keliru soal PPDB tingkat SMA.
INILAHKORAN, Bandung-Satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Jawa Barat (Jabar) memastikan akan mengawal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022. PPDB 2022 harus bersih dari pratik pungli.
 
Anggota Tenaga Ahli Satgas Saber Pungli Jabar H. M Irianto mengatakan, pihaknya mengimbau kepala sekolah tidak terigur tawaran uang suap dalam PPDB 2022
 
Kunci dari terhindarnya persoalan ada pada kepala sekolah. Sehingga, dia meminta kepala sekolah harus bersih dari praktik kotor tersebut.
 
 
"Kepala sekolah jangan sampai tergiur oleh uang sogokan atau pungli dari orang tua murid," ujar Irianto saat dihubungi, Senin (23/5/2022).
 
Untuk masyarakat yang mengetahui dugaan pungli dan beberapa tindakan di luar aturan PPDB 2022, dia berharap dapat  melaporkan ke Satgas Saber Pungli daerah masing-masing. Nantinya, laporan dipastikan akan dipelajari terlebih dahulu, apakah melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH).
 
"Kalau kasus itu kental dengan perbuatan korupsi dan pungli, artinya tindak pidanya besar, maka akan PH. Tapi kalau kasusnya prosedur, mungkin akan ditindak secara APIP," katanya.
 
 
Menurutnya, masyarakat khususnya warga Jabar belum semuanya dapat menerima kekalahan dari PPDB. Sehingga, banyak jalur-jalur yang dia buat secara ilegal, termasuk melakukan pungli pada kepala sekolah. 
 
"Dengan jalur-jalur itulah justru membuat peluang oleh pihak-pihak tertentu dengan cara-cara yang tidak benar, dan banyak kepala sekolah masih tergiur juga," ungkapnya
 
Irianto mengungkapkan, kasus pertama yang sering muncul yakni masalah perpindahan lokasi anak. Hal ini pula harus menjadi perhatian.
 
 
"Setelah persoalan perpindahan, kemudian pungutan, setiap tahun pasti saja ada dan begitu terus," ucapnya. 
 
Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias pun telah memastikan pengawasan ketat terhadap PPDB 2022 di Jabar.  Dia berharap PPDB di Jabar menjadi yang paling adil dan tidak terjadi dinamika. 
 
"Kami siaga satu urusan pelanggaran PPDB. Ada tim saber pungli yang siapkan. Memantau jika ada upaya pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyiasati aturan yang sudah sangat adil ini," kata dia. (Riantonurdiansyah)***
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:05 WIB
X