Atlet Esport Jabar Gemilang di Piala Gubernur Jabar 2022

Atlet esport Jabar tampil gemilang di kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang telah digelar di gedung Youth Center, komplek

Atlet Esport Jabar Gemilang di Piala Gubernur Jabar 2022
Atlet esport Jabar tampil gemilang di kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang telah digelar di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Kota Bandung pada 25-29 Mei 2022.
INILAHKORAN, Bandung - Atlet esport Jabar tampil gemilang di kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang telah digelar di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Kota Bandung pada 25-29 Mei 2022.
 
Para atlet esport asal Jabar itu berhasil menguasai partai puncak di dua dari lima kategori game yang dipertandingkan. Masing-masing dari game Free Fire dan e-football Pro Evolution Soccer (PES).
 
Di kategori Free Fire, atlet esport asal ESI Kota Bekasi tampil sebagai juara. Sedangkan di babak final e-football PES, berhadapan dua atlet asal Jabar, Rizky Adimas Saputra dan Ferry Purnama Gumilang.
 
 
Selain di dua kategori game tersebut, atlet esports asal Jabar pun berkontribusi pada keberhasilan tim juara di tiga kategori lain. Seperti di Mobile Legend: Bang Bang (MLBB), PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), serta Valorant. 
 
Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Esports Indonesia (ESI) Jabar, Dedi Agus Purwanto mengatakan Piala Gubernur Jabar ini merupakan kali kedua kejuaraan yang digelar pihaknya. Sebelumnya, Piala Gubernur Jabar digelar dengan peserta yang mewakili pengcab ESI kota dan kabupaten.
 
"Kali ini, kita perluas cakupan peserta yakni terbuka untuk umum sesuai dengan keinginan Gubernur Jabar sehingga bisa menjaring lebih dari 3.000 peserta meski diumumkan melalui media sosial," kata Dedi.
 
 
Dedi merasa harus berbangga atas prestasi atlet esports asal Jabar pada ajang kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Hasil ini menjadi modal awal bagi ESI Jabar untuk persiapan PON XXI di Sumut dan Aceh dimana esport akan menjadi pertandingan resmi.
 
"Apalagi ada even Porprov XIV Jabar yang akan digelar pada bulan November 2022 nanti. Kita akan pantau juga atlet-atlet yang akan bertanding nanti," katanya. 
 
Untuk itu, ESI Jabar membuka peluang bagi ESI kota/kabupaten menggelar berbagai kejuaraan dalam mempersiapkan atlet terbaiknya. Sehingga, lanjutnya, pertandingan esport di ajang Porprov XIV Jabar bisa diikuti atlet-atlet terbaik dari setiap kota dan kabupaten di Jabar.
 
 
"Pada PON XX lalu di Papua, esport dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi dan Jabar berhasil meraih satu medali emas dari kategori game e-football PES 2021. Untuk PON XXI, esports sudah menjadi cabang olahraga resmi dan Jabar bertekad untuk bisa meraih lebih banyak medali emas," tegasnya. 
 
Sementara itu, Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan esport ini melibatkan orang-orang yang memiliki intelektual, daya tahan, posisi tubuh, hingga kerjasama tim yang baik karena merupakan olahraga yang benar-benar taktikal.
 
"Jadi yang hanya sekadar hobi dengan yang benar-benar berlatih akan berbeda. Mereka yang hadir di sini merupakan atlet yang sudah terlatih dan memiliki intelektual, daya kontrol, daya tahan, posisi tubuh hingga kerjasama yang baik. Selamat bagi yang sudah menjadi pemenang di setiap kategori game," kata Setiawan.
 
 
Setiawan berpesan kepada seluruh atlet yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport terus mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya. Pasalnya, masih ada beberapa even ke depan yang harus dihadapi para atlet.
 
"Masih ada Porprov XIV Jabar, Asian Games dan PON XXI. Atlet-atlet esport ini akan jadi bibit untuk even-even tersebut, apalagi Jabar selalu berkontribusi pada gelaran SEA Games 2021 kemarin dan di PON XX tahun 2021 lalu di Papua," kata dia.
 
Disisi lain, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Asep Sukmana mengatakan, kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport merupakan gelaran perdana dari tiga cabang olahraga yang akan menggelar kegiatan serupa. Yakni di cabang olahraga softball dan judo.
 
 
"Kejuaraan Piala Gubernur Jabar merupakan bentuk kolaborasi antara Dispora Jabar, pengurus provinsi cabang olahraga dan KONI Jabar. Termasuk di Esport kali ini dengan ESI Jabar dan KONI Jabar," kata Asep.
 
Untuk kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport, kata Asep, merupakan pelaksanaan kejuaraan dengan hadiah terbesar sepanjang even ini digelar. Yakni mencapai Rp398 juta terbagi di lima kategori game yang dipertandingkan.
 
"Kita berharap dari kejuaraan ini bisa memunculkan bibit baru atlet esport yang mampu mengharumkan nama Jabar di kancah nasional hingga internasional," Asep menegaskan.
 
 
Senada diungkapkan Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin. Pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan Piala Gubernur Jabar yang diinisiasi Dispora Jabar.
 
"Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan pelaksanaan kejuaraan ini. Karena ini merupakan salah satu bentuk pembinaan di cabang olahraga agar proses regenerasi atlet terus berjalan dengan baik," kata Ahmad.(Muhammad Ginanjar)
 
Berikut Hasil Kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabor Esport :
 
Kategori Game Free Fire
1. ESI KOTA BEKASI : Rp30 juta
2. ECHO RONIN : Rp25 juta
3. ESI KABUPATEN SUKABUMI : Rp20 juta
4. INASTAR HAZAMA : RP15 juta
 
Kategori Game Valorant
1. HIKE DIGITAL : Rp30 juta
2. PHENIX : Rp25 juta
3. NARANTAKA : Rp20 juta
4. BUTONG +4 : Rp15 juta
 
Kategori Game PUBG Mobile
1. MYRON IGNITE : Rp30 juta
2. WOLF GANK MOIRA : Rp25 juta
3. BNW 88 : Rp20 juta
4. MYRON SOOFTY : Rp15 juta
 
Kategori Game Mobile Legend Bang Bang
1. JORDAN LEGEND : Rp30 juta
2. MADURA PRIME : Rp25 juta
3. MYRON PRODIGY : Rp20 juta
4. MAD IMMORTAL : Rp15 juta
 
Kategori Game E-Footbal PES
1. RIZKY ADIMAS SAPUTRA : Rp10 juta
2. FERRY PURNAMA GUMILANG : Rp8 juta
3. RICKI AHMAD FIRMADI : Rp6 juta
4. SETIA WIDIANTO : Rp5 juta
5. GIAN LUGI KURNIAWAN : Rp3 juta
6. OFIK HILMAN FAUZI : Rp2,5 juta
7. YUDHA MAULANA : Rp2 juta
8. RIO DWI SEPTIAWAN : Rp1,5 juta
 
 


Editor : inilahkoran