DKPP Kota Bandung Tunggu Intruksi Pusat Terkait Vaksin PMK

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengaku, masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait vak

DKPP Kota Bandung Tunggu Intruksi Pusat Terkait Vaksin PMK
Pemkot Bandung masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengaku, masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK). 
 
Gin Gin Ginanjar membenarkan, bahwa vaksin hewan ternak khusus PMK itu telah tiba di Indonesia pada Minggu 12 Juni 2022. Vaksin khusus PMK tersebut, dikirim langsung dari Negara Prancis melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. 
 
"Sudah tiba di Indonesia. Tetapi untuk distribusi ke daerah, termasuk untuk Kota Bandung belum ada informasi. Kita juga belum bisa memastikan apakah Kota Bandung mendapat vaksin di kloter pertama ini," kata Gin Gin Ginanjar, Kamis 16 Juni 2022.
 
 
Lebih jauh, Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung Ermariah menjelaskan bahwa vaksin hewan ternak khusus PMK tersebut akan lebih difokuskan kepada hewan sapi yang berumur panjang seperti sapi perah dan sapi pejantan. 
 
Kota Bandung, dituturkan Ermariah,memiliki sapi perah sebanyak 161 ekor dan sapi potong sebanyak 1.344 ekor. Pihaknya pun belum dapat memastikan apakah Kota Bandung akan mendapat vaksinasi di gelombang pertama ini. 
 
"Sapi perah di Kota Bandung termasuk sedikit. Sedangkan sapi potong itu memiliki umur yang relatif pendek. Sehingga bukan menjadi target utama dalam vaksinasi PMK. Sehingga sapi-sapi yang umurnya panjang akan diprioritaskan dulu," kata Ermariah. *** (Yogo Triastopo) 


Editor : inilahkoran