• Kamis, 30 Juni 2022

Menakar Potensi Kopi Bandung Barat dari Hulu ke Hilir

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:42 WIB
etua Asosiasi Petani Kopi Jabar, Kurnia Danu Miharja  (Agus SN)
etua Asosiasi Petani Kopi Jabar, Kurnia Danu Miharja (Agus SN)

INILAHKORAN, Ngamprah - Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebagai salah satu daerah pemekaran Kabupaten Bandung memiliki beragam potensi alam yang mampu mendongkrak perekonomian warganya, dan salah satunya kopi.

Kendati demikian, seluruh potensi itu belum tereksplorasi secara maksimal lantaran banyak para pelaku industri yang masih terbentur dalam hal permodalan. Salah satunya industri kopi di KBB.

Ketua Asosiasi Petani Kopi Jabar, Kurnia Danu Miharja mengatakan, keberadaan kopi di Bandung Barat ini sebenarnya sangat potensial. Bahkan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pemerintahan seperti beberapa komoditi unggulan, yakni teh, coklat dan kopi.

Baca Juga: Butuh Promosi Ekspor, Begini Kondisi Pegiat Kopi KBB Pasca Pandemi

"Yang perlu jadi perhatian adalah kopi yang merupakan komoditas ekspor. Sehingga, harga kopi ini tidak dipengaruhi oleh pasar induk, bahkan tidak dipengaruhi pasar-pasar lokal," katanya saat ditemui belum lama ini.

Kendati demikian, pengaruh pasar internasional seperti saat ini. Pasalnya, dengan adanya peristiwa kekeringan di Brazil secara otomatis berdampak pada harga kopi Jawa Barat, khususnya di KBB menjadi tinggi.

"Cherry di lapangan saja sudah ada dikisaran harga Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram," sebutnya.

Baca Juga: Disparbud KBB Tantang Barista Ciptakan Inovasi dari Kopi

Ia menuturkan, hal lain yang harus menjadi perhatian berkaitan dengan potensi kopi Bandung Barat ini antara lain industri kopi ini mampu mendorong penyerapan tenaga kerja.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Ormawa ISBI Bandung Ikuti LDKM Tahun 2022  

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:12 WIB

Pemkot Bandung Sigap, Penjual Hewan Kurban Lega

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:20 WIB

Petani Cimenyan Dapat Bantuan Padi Huma

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:50 WIB
X