• Kamis, 7 Juli 2022

Pungli PPDB SMKN 5 Kota Bandung, FAGI Jabar: Para Kepala Sekolah Harus Bisa Menahan Diri

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:25 WIB
Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan menyoroti adanya temuan dugaan pungli pada kegiatan daftar ulang PPDB di SMKN 5 Kota Bandung. (Okky Adiana)
Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan menyoroti adanya temuan dugaan pungli pada kegiatan daftar ulang PPDB di SMKN 5 Kota Bandung. (Okky Adiana)

 

INILAHKORAN, Bandung - FAGI Jabar menyoroti temuan adanya dugaan tindakan pungli pada kegiatan daftar ulang PPDB di SMKN 5 Kota Bandung.

Ketua Forum Aksi Guru Indonesia atau FAGI Jabar Iwan Hermawan mengatakan, berkaca pada kasus dugaan pungli dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMKN 5 Kota Bandung itu para kepala sekolah harus bisa menahan diri.

Menurutnya, sejak lama perihal pungutan itu sudah jelas dalam aturan Pergub maupun Permendiknas No 1 Tahun 2021. Dalam aturan itu jelas disebutkan saat proses daftar ulang itu tidak boleh berkaitan dengan uang. Kalau aturan itu dilanggar SMKN 5 Kota Bandung, kata dia, tindakannya tergolong pungli.

Baca Juga: OTT di SMKN 5 Bandung, Saber Pungli Jabar Periksa Kepsek, Wakasek Hingga Panitia PPDB

"Ini di Kota Bandung beberapa sekolah sudah ada pada saat tanggal 21 saat daftar sudah mulai. Ada yang melarikan uang untuk MPLS, ada uang untuk kemping, ada penarikan uang untuk pakaian. Ini jelas melakukan pelanggaran terhadap Permendiknas dan Permendikbud," jelas Iwan, Kamis 23 Juni 2022.

Untuk itu, dia berharap Disdik Jabar dalam kasus ini harus tegas. Pasalnya, kalau memang tidak diberikan sanksi hal tersebut tidak akan menimbulkan efek jera dan perbuatan pungli itu akan terus beruang setiap tahun.

Baca Juga: Saber Pungli Geruduk SMKN 5 Bandung, Amankan Rp40 Juta, Diduga Pungli PPDB?

Diberitakan sebelumnya, Tim Saber Pungli Jabar mendapati adanya pungli pada kegiatan daftar ulang PPDB di SMKN 5 Kota Bandung. Tim berhasil mengamankan uang yang mencapai Rp40.750.000. (Okky Adiana)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 7 Juli 2022

Kamis, 7 Juli 2022 | 08:05 WIB

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X