• Kamis, 30 Juni 2022

Pemda KBB Targetkan Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Sangat Baik dari KASN

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:40 WIB
Kantor Bupati Bandung Barat (Agus Satia Negara)
Kantor Bupati Bandung Barat (Agus Satia Negara)
 
INILAHKORAN, Ngamprah - Dua tahun berturut-turut Kabupaten Bandung Barat (KBB) meraih Anugerah Meritokrasi. Namun, hal tak sebut tak lantas membuat KBB puas.
 
Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) KBB kembali menargetkan Anugerah Meritokrasi dengan kategori sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2023.
 
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Asep Ilyas mengatakan, dua tahun berturut-turut KBB meraih kategori Baik. Pada tahun 2020 meraih 251 poin, kemudian 2021 masih tetap kategori Baik.
 
 
"Meski masih tetap kategori Baik, namun dari nilainya ada peningkatan" katanya kepada wartawan.
 
Kendati begitu, ia berharap, pada 2023 poin yang diraih semakin tinggi sehingga bisa masuk kategori "Sangat Baik".
 
Ia menyebut, ada delapan aspek yang menjadi kriteria sistem merit yaitu perencanaan  kebutuhan, pengadaan,  pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin,  perlindungan dan  pelayanan serta sistem informasi.
 
 
"Delapan aspek tersebut, pengembangan karir,  mutasi dan rotasi yang masih harus ditingkatkan lagi agar target Sangat Baik pada tahun 2023  tercapai," sebutnya.
 
Pada sistem merit, terang dia, lebih mengedepankan kualifikasi, kompetensi serta menilai kinerja ASN secara adil dan wajar sesuai dengan kinerja yang ditunjukkan.
 
"Pada era reformasi birokrasi sistem merit dinilai cukup penting dalam meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara," terangnya.
 
 
Lebih lanjut ia menerangkan, penerapan sistem merit juga dapat meningkatkan iklim kompetitif yang positif diantara ASN dengan menunjukkan kompetensi masing-masing.
 
"Di Indonesia, sistem merit dalam manajemen ASN merupakan amanat UU nomor 5 Tahun 2014 Pasal 111," terangnya.
 
"Para ASN harus lebih semangat dalam bekerja dan menunjukkan kinerja terbaiknya dengan adanya penghargaan yang diperoleh saat ini," tandasnya.*** (agus satia negara).

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Ormawa ISBI Bandung Ikuti LDKM Tahun 2022  

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:12 WIB

Pemkot Bandung Sigap, Penjual Hewan Kurban Lega

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:20 WIB

Petani Cimenyan Dapat Bantuan Padi Huma

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:50 WIB
X