Parade 5 Dalang Remaja di HUT ke 15 KBB Minim Penonton, Kadisparbud Sebut Jadi Tantangan

Parade 5 Dalang Remaja dihadirkan dalam pagelaran wayang golek sebagai rangkaian peringatan HUT ke 15 KBB. Sayangnya, sepi penonton.

Parade 5 Dalang Remaja di HUT ke 15 KBB Minim Penonton, Kadisparbud Sebut Jadi Tantangan
Kepala Disparbud KBB Heri Partomo mengatakan, sebagai rangkaian HUT ke 15 KBB pihaknya menyuguhkan pagelaran wayang golek dengan menghadirkan Parade 5 Dalang Remaja.

INILAHKORAN, Ngamprah - Rangkaian peringatan HUT ke 15 KBB belum usai. Kali ini, disuguhkan pagelaran wayang golek dengan menghadirkan Parade 5 Dalang Remaja.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan, Parade 5 Dalang Remaja itu tidak hanya sebagai rangkaian HUT ke 15 KBB namun juga menjadi momentum untuk memberikan edukasi sekaligus melestarikan seni dan budaya Sunda.

Tak hanya Parade 5 Dalang Remaja, dalam rangkaian HUT ke 15 KBB itu pihaknya pun menyuguhkan Parade 5 Dalang Junior yang berasal dari Kecamatan Padalarang, Kecamatan Lembang, Kecamatan Ngamprah, Kecamatan Cisarua, dan Kecamatan Sindangkerta.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Bahan Alami Ini Bisa Bikin Kulit Glowing Maksimal, Gak Perlu Skin Care Lagi!

"Alhamdulillah, sudah terlaksana dengan baik. Namun, yang sangat kami sayangkan kurangnya penonton," katanya.

Kendati demikian, ia mengaku, bahwa promosi yang dilakukan ini dengan segala keterbatasan. Oleh karenanya, dalam setiap perhelatan seni dan budaya tersebut perlu adanya dukungan dari semua pihak.

"Khususnya dukungan dari pemerintah dan masyarakat tentunya," ujarnya.

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Edaran Pelaksanaan Kurban, Ini Rincianya!

Di sisi lain, kata dia, pihaknya bersyukur lantaran saat ini pihaknya bisa bekerjasama dengan persatuan pedalang Indonesia (Pepadi).

"Namun, sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, kegiatan ini sangat disayangkan karena penontonnya hanya sedikit," katanya.

Ia menilai, hal ini terjadi mungkin karena anak-anak sekarang lebih tertarik dengan suatu pertunjukan yang bukan berkaitan dengan seni budaya.

Baca Juga: Fokus Pileg, Kader Golkar Ditekankan Sosialisasikan Airlangga Hartarto Calon Presidens 2024

"Tentunya ini menjadi tantangan kita, khususnya Disparbud KBB ke depan bagaimana menarik minat kaum milenial, khususnya seni budaya yang ada di Bandung Barat.

Selanjutnya, tambah dia, dalam perhelatan tersebut juga menampilkan pagelaran wayang golek dengan menghadirkan dalang yang sudah cukup terkenal, sekaligus sebagai salah satu dalang terbaik di KBB, yaitu Kang Opik Sunandar Sunarya di mana ini merupakan keramaian dalam rangka hari jadi ke-15 KBB.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan dampak positif, tidak saja menarik penonton. Tapi, juga bisa terus melestarikan seni dan budaya kita," pungkasnya. (Agus Satia Negara)


Editor : inilahkoran