Siswa SMAN 3 Bandung Raih Juara Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Bidang Matematika

Irmand Rajasa siswa Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Bandung juara Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Bidang Matematika.

Siswa SMAN 3 Bandung Raih Juara Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Bidang Matematika
Irmand Rajasa, juara kedua Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi mewakili SMAN 5 Bandung.

INILAHKORAN, Bandung - Irmand Rajasa Adisaputro adalah salah satu siswa Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Bandung.

Irmand Rajasa Adisaputro pernah menjadi wakil SMAN 3 Bandung menjuarai Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi bidang matematika dan meraih juara kedua.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Kompetisi Nasional (LKN) pada 2022, secara online.

Baca Juga: Usai Promo 'Muhammad' Holywings Bikin Gaduh, Hotman Paris Temui Ketua MUI untuk Minta Maaf

Pada awalnya, pemuda yang hobi main Basket ini, mengikuti Olimpiade matematika karena anjuran dari sang Ibu. Setelah itu, dia bertanya-tanya kepada guru untuk informasi tentang Olimpiade tersebut.

"Setelah itu saya ditawari oleh guru saya untuk ikut Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan pemerintah. Karena saya telat daftar KSN, jadi saya tidak terpilih. Kemudian saya mencari Olimpiade di Instagram untuk latihan soal," ujar siswa yang memiliki cita-cita masuk ke perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, Senin 27 Juni 2022.

Setelah itu, dirinya mulai mencari Olimpiade di Instagram di @pusatolimpiade, pada saat itu dia pertama kali mendaftar Olimpiade matematika yang diselenggarakan oleh LKN.

Baca Juga: 5 Member fromis_9 Mengalami Kecelakaan Mobil, Showcase Comeback Dibatalkan

Sebelum olimpiade dimulai, Irmand Rajasa Adisaputro mulai belajar dari kisi-kisi yang diberikan, ada beberapa materi yang belum pernah dipelajari. Olimpiade ini diselenggarakan dengan beberapa tahap, yang pertama tahap provinsi, setelah lolos provinsi lanjut ke nasional.

"Alhamdulillah saya berhasil lolos di tingkat provinsi dan mendapat juara 2 provinsi, kemudian di tahap nasional hanya mendapat medali perunggu saja. Olimpiade ini biasanya diikuti hingga ratusan orang bahkan kadang kadang bisa sampai 2000-an orang," ucap Irmand Rajasa Adisaputro.

Mulai dari situ, siswa yang sudah masuk kelas XI (sebelas) inii, mulai termotivasi untuk mengajak teman-temannya untuk mengikuti Olimpiade.

Baca Juga: Penyanyi 'Juice' Lizzo Gemparkan BET Awards! Simak Juga Catatan Penghargaannya

"Saya juga menjadi lebih semangat untuk mengikuti Olimpiade selanjutnya," ucapnya.

Dirinya mengikuti Olimpiade tersebut, untuk melatih diri mengerjakan soal Olimpiade dan ingin menambah pengalaman baru bagi dirinya. Bahkan kegiatan ini pun, tidak mengganggu akademik di sekolah karena bisa memanage waktu dengan baik.

"Olimpiade ini bagi saya adalah kegiatan sampingan saya, jadi bukan prioritas utama saya, prioritas utama saya adalah kegiatan akademik yang berhubungan dengan nilai nilai saya disekolah. Sebelum mendaftar Olimpiade, saya melihat jadwal dulu, apakah akan bertabrakan atau tidak, seandainya saya sudah mendaftar kemudian ada ulangan atau tugas mendadak, saya tentunya akan lebih mempriortaskan tugas dan ulangan itu, karena olimpiade ini tidak akan mempengaruhi nilai saya di sekolah," paparnya.

Baca Juga: Tempuh Penerbangan 13 Jam, Jokowi Tiba di Jerman untuk Hadiri KTT G7

Soal kendala yang dihadapi oleh Irmand Rajasa Adisaputro dalam mengikuti Olimpide tersebut, materi dan soal-soalnya, karena materi yang dipelajari di sekolah dengan yang di Olimpiade sangat berbeda dan sangat sulit, dan tentunya Olimpiade ini dikejar waktu.

"Harapan saya dari Olimpiade ini, semoga saya bisa menjadi lebih rajin dan lebih pintar, dan juga saya berharap untuk bisa mengikuti KSN dan memenangkannya agar saya bisa dapat jalur undangan ke universitas tujuan saya yaitu Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia," tambah Irmand Rajasa Adisaputro. *** (Okky Adiana)


Editor : inilahkoran