Longsor di CIkalongwetan KBB, Akses Jalan Warga Terputus

Akses jalan warga sepanjang 22 meter terputus dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat akibat bencana longsor di Cikalongwetan KBB

Longsor di CIkalongwetan KBB, Akses Jalan Warga Terputus
Askes jalan sepanjang 22 meter tergerus akibat bencana longsor di Cikalongwetan KBB, Senin 27 Juni 22. Akibatnya tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

INILAHKORAN, Ngamprah - Bencana longsor kembali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Musibah bencana longsor tersebut terjadi di Kampung Cikubanggirang RT 04/17, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Senin 27 Juni 2022.

Akibat bencana longsor tersebut, jalan desa yang menghubungkan Desa Mandalasari dan Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Baca Juga: XL Axiata Berikan Bantuan dan Pastikan Jaringan Normal di Lokasi Longsor KBB

"Kejadian longsornya tadi sekitar jam 09.00 WIB, tanahnya labil karena sebelumnya sudah diguyur hujan," kata Kasi Trantib Kecamatan Cikalongwetan, Pipin Irawan saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, akses jalan tersebut merupakan rute yang biasa dilewati warga untuk beraktivitas sehari-hari.

"Akibat peristiwa longsor tersebut, mobilitas warga menjadi terkendala khususnya bagi kendaraan roda empat yang mengangkut barang atau kebutuhan warga lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Setitik Asa di Tapal Batas Gununghalu Ciwidey KBB

Ia menjelaskan, lebar lokasi longsor tersebut sekitar 22 meter dan tingginya sekitar 20 meter. Kondisi itu juga mengancam dua rumah warga yang berada dengan titik longsoran karena khawatir ada longsor susulan, mengingat kontur tanah yang cukup labil.

"Tindakan sementara yang dilakukan adalah dengan memasang bambu pembatas di sepanjang titik longsoran, karena dikhawatirkan tanah yang tergerus semakin melebar," tuturnya. 

Ia menyebut, pihaknya telah melaporkan kejadian ini ke pihak BPBD KBB, serta berkoordinasi dengan Polsek Cikalongwetan, Tagana, serta warga sekitar untuk penanganan sementara.

Baca Juga: Pemda KBB Targetkan Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Sangat Baik dari KASN

"Imbauan kepada warga juga disampaikan agar mengungsi ke tempat yang aman terlebih dahulu jika hujan deras turun," ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, tambah dia, pihaknya bersama BPBD akan berupaya memasang terpal agar air hujan tidak langsung merembes ke tebing tanah yang longsor.

"Itu dilakukan agar tidak ada tanah tergerus yang bisa memicu longsor susulan," pungkasnya.*** (agus satia negara).


Editor : inilahkoran