Ombudsman Jawa Barat Soroti Pungli di Salah Satu SMK di Bandung

Adanya kasus dugaan pungli di salah satu SMK di Bandung menjadi sorotan khusus Kepala Ombudsman Jawa Barat Dan Satriana.

Ombudsman Jawa Barat Soroti Pungli di Salah Satu SMK di Bandung
Kepala Ombudsman Jawa Barat Dan Satriana mendukung Saber Pungli untuk menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan dugaan pungli di salah satu SMK di Bandung.

INILAHKORAN, Bandung - Kepala Ombudsman Jawa Barat Dan Satriana menyoroti terkait adanya kasus dugaan pungli di salah satu SMK di Bandung.

Menurutnya, Ombudsman Jawa Barat menghargai pelaksanaan tugas dan wewenang Saber Pungli. Dia pun mendukung Saber Pungli untuk menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan dugaan pungli di salah satu SMK di Bandung setelah Saber Pungli mengambil keputusan awal.

"Di sisi lain, kejadian (dugaan pungli di salah satu SMK di Bandung) itu memberikan pelajaran berharga kepada kita semua bahwa masyarakat adalah pengawas yang efektif karena mereka berkaitan langsung dengan sekolah dan sebagian besar juga mempunyai kepentingan untuk mengawal PPDB yang bersih dan bebas pungli," ujar Dan Satriana, di kantor Ombudsman Jawa Barat, Rabu 29 Juni 2022.

Baca Juga: Marc Klok Merasa Senang Sekaligus Sedih Saat Persib Hadapi PSS Sleman di Perempat Final Piala Presiden 2022

Untuk itu, lanjut dia, lembaga pengawas internal dan eksternal harus lebih sering mengumumkan dan mensosilalisasikan saluran pengaduan khusus, agar semakin banyak masyarakat yang merasa mudah, nyaman, dan aman untuk menyampaikan dugaan pelanggaran PPDB dan pungli ini.

"Ombudsman misalnya, memiliki salah satunya asas kerahasiaan yang memungkinkan kami merahasiakan nama dan identitas pelapor dalam kondisi tertentu," ucapnya.

Halaman :


Editor : inilahkoran