Sebanyak 126 Hewan Ternak di Kota Bandung Telah Divaksin PMK

Sebanyak 126 dosis vaksinasi sudah habis dan disuntikan kepada hewan ternak sapi di Kota Bandung untuk menginadri penyebaran wabah PMK

Sebanyak 126 Hewan Ternak di Kota Bandung Telah Divaksin PMK
Pemkot Bandung sudah mnghabiskan 126 vaksin PMK.

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan percepatan vaksinasi bagi hewan ternak untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyampaikan, angka sementara telah mencapai 126 dosis atau ekor dari 200 kuota yang diterima.

"Dari 200, sudah dilakukan 126 dosis, dengan rincian 68 sapi bibit, 10 sapi perah dan 48 domba bibit milik Pemerintah Kota Bandung," kata Gin Gin Ginanjar di Balai Kota Bandung, Kamis 30 Juni 2022.

Baca Juga: Antisipasi PMK, KPSBU Lembang Lakukan Sejumlah Langkah Preventif

Menurut Gin Gin Ginanjar, target vaksinasi tersisa harus selesai di hari ini. Sebab, setelah vaksin di buka dari tempatnya hanya memiliki waktu selama 36 jam sebelum akhirnya kadaluarsa.

"Kita sudah anggarkan belanja tak terduga (BTT), dan hari ini diproses dan diperuntukan untuk menambah obat-obatan, mineral dan segala kebutuhan pemulihan hewan PMK dan penunjang tim Satgas," ucapnya.

Gin Gin menambahkan, idealnya kuota vaksin untuk Kota Bandung sebanyak jumlah hewan yang ada di Kota Kembang. Karena wabah PMK, baru akan mereda apabila semua hewan ternak telah divaksinasi.

Baca Juga: Dampak PMK, KPSBU Lembang Bakal Usulkan Bantuan Bagi Peternak

"Sama seperti Covid-19. Dosisnya harus sejumlah hewan ternak, karena wabah selesai kalau sudah 100 persen divaksin. Harusnya ada 2000 dosis, itu belum untuk domba karena prioritas baru sapi," ujar dia. *** (Yogo Triastopo)
Area lampiran


Editor : inilahkoran