PPDB 2022 di KBB, Orang Tua Terpaku pada Zonasi

PPDB 2022 di KBB rampung Kamis 30 Juni 2022. Evaluasinya, selama 10 hari pelaksanaan itu orang tua terpaku pada zonasi.

PPDB 2022 di KBB, Orang Tua Terpaku pada Zonasi
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan KBB Rustiyana mengatakan, terkait pelaksanaan PPDB 2022 di KBB diketahui orang tua terpaku pada zonasi saja.

 

INILAHKORAN, Ngamprah - PPDB 2022 di KBB rampung Kamis 30 Juni 2022. Evaluasinya, selama 10 hari pelaksanaan itu orang tua terpaku pada zonasi.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rustiyana mengatakan, terkait pelaksanaan PPDB 2022 di KBB khususnya jenjang SMP masih perlu ada perbaikan. Pasalnya, orang tua terpaku pada zonasi saja.

"Kebanyakan, orang tua terpaku pada zonasi. Padahal, zonasi dalam PPDB 2022 di KBB itu diranking dari sisi jarak," katanya saat ditemui, Kamis 30 Juni 2022.

Baca Juga: Banyak Objek Wisata di Pancawati Tak Berizin, Dugaan Lahannya Hasil Redistribusi Tanah Presiden Jokowi

Dia menyebutkan, hal itu menjadi masukan dalam evaluasi PPDB 2022 di KBB. Secara umum, ada empat jalur yang disediakan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Jalur itu yakni zonasi dengan kuota sebanyak 50 persen, afirmasi 20 persen, perpindahan orang tua 5 persen, dan prestasi 25 persen.

"Khusus jalur zonasi, yang lebih dekat pasti itu yang akan diterima. Sedangkan, dari jalur prestasi belum dimaksimalkan padahal kuotanya lumayan besar," sambungnya seraya menyebutkan sosialisasi terkai empat jalur itu sudah gencar dilakukan.

Selain itu, Rustiyana menyebutkan bagi siswa yang orang tua yang kurang mampu dan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa mengambil jalur afirmasi saja tanpa memperhatikan jarak.

Baca Juga: Kisah TKW Indonesia di Taiwan Hampir 10 Tahun Memandikan Bos Laki Lakinya

Menurutnya, kemampuan Disdik KBB untuk jenjang SMP negeri pun terbilang terbatas. Kapasitasnya hanya mampu menampung sekitar 25 ribu siswa. Sedangkan, jumlah lulusan SD di KBB terhitung sebanyak 55 ribu siswa dan sisanya ditampung sekolah swasta.

"Jadi, mohon kepada orang tua siswa harus diperhatikan. Pasti, tidak akan semua tertampung di sekolah negeri," ujarnya.

Terkait pengumuman, Rustiyana mengatakan PPDB 2022 di KBB akan diumumkan pada 4 Juli 2022. (Agus Satia Negara)


Editor : inilahkoran