Jalin Kemitraan dengan Toko Modern, Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi Sebut Tinggal dari UKM dan IKM-nya Saja

isdagkoperind Kota Cimahi mendorong para pelaku UMKM dan IKM di wilayahnya untuk memasarkan produknya di gerai-gerai toko modern

Jalin Kemitraan dengan Toko Modern, Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi Sebut Tinggal dari UKM dan IKM-nya Saja
Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi mendorong para pelaku UMKM dan IKM di wilayahnya untuk memasarkan produknya di gerai-gerai toko modern di Kota Cimahi.
 
INILAHKORAN, Cimahi - Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi mendorong para pelaku UMKM dan IKM di wilayahnya untuk memasarkan  produknya di gerai-gerai toko modern di Kota Cimahi. 
 
Pasalnya, toko dan gerai modern di Kota Cimahi sudah membuka diri dan mengakomodir produk-produk dari UMKM dan IKM.
 
Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, hal itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, toko modern atau minimarket wajib mengakomodir produk lokal.
 
 
"Sebenarnya mereka (toko modern) welcome, karena kami coba jalin kemitraan denga toko modern supaya sesuai ketentuan mereka menyiapkan space untuk produk UMKM," katanya.
 
Hanya saja, jelas dia, tinggal dari para pelaku UKM atau IKM di Kota Cimahi yang harus memenuhi standar yang sudah diterapkan oleh pihak toko modern. 
 
"Misalnya saja dari sisi packaging, kemudian legalitasnya juga terpenuhi," jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disdagkoperind Kota Cimahi, Sri Wahyuni menyebut, melalui sosialisasi, pihaknya terus mendorong agar para pelaku UKM dan IKM di Kota Cimahi agar terus meningkatkan kualitas produknya agar sesuai dengan standar yang ditetapkan toko modern.
 
 
"Tentunya rasa, kemasan dan izin-izin seperti PIRT itu harus dilengkapi. Sehingga nanti produknya bisa diakomkdir di toko modern atau minimarket," sebutnya.
 
Ia mengaku, pihaknya bakal terus memberikan pendampingan terhadap para pelaku UKM dan IKM agar terus berkembang dan produknya bisa dipasarkan secara meluas. 
 
"Termasuk melalui gerai-gerai toko modern," ujarnya.
 
Ia pun meyakini, kemitraan yang sudah terjalin dengan toko modern merupakan salah satu strategi pemasaran bagi produk IKM dan UKM lokal Kota Cimahi agar produknya lebih laris.
 
"Kemitraan dengan toko modern berharap IKM dan UKM bisa masuk ke toko modern sehingga bisa meningkatkan ekonomi mereka," pungkasnya.***(agus satia negara).


Editor : inilahkoran