UPI Selenggarakan Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional, Simak Ketentuanya

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional Tahun 2022.

UPI Selenggarakan Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional, Simak Ketentuanya
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional Tahun 2022.
 
INILAHKORAN, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional Tahun 2022.
 
Lomba Simulasi Mengajar merupakan Salah satu program yang ditetapkan dalam rangka mendukung kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada bidang asistensi mengajar di satuan pendidikan. 
 
Lomba Simulasi Mengajar saat ini diimplementasikan dalam bentuk program “Kampus Mengajar”. Program ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang tercatat aktif sebagai mahasiswa. 
 
Ketua Lomba Simulasi Mengajar Tahun 2022 yang juga Dosen UPI Dadi Mulyadi mengatakan, bahwa untuk mengikuti program Lomba Simulasi Mengajar, tentunya perlu didukung dengan kemampuan mahasiswa melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran. 
 
 
Program ini, lanjut dia, dapat menjadi salah satu pengalaman berharga bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program kampus mengajar.
 
"UPI sangat berharap dengan adanya program lomba ini hadir telenta-talenta calon pengajar terbaik dimasa depan," ujar Dadi Mulyadi, Sabtu 2 Juli 2022.
 
Menurut dia, salah satu program yang ditetapkan dalam program MBKM adalah asistensi mengajar di satuan pendidikan. Program tersebut saat ini diimplementasikan dalam bentuk program “Kampus Mengajar”. 
 
 
Program ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang tercatat aktif sebagai mahasiswa. Untuk mengikuti program ini, tentunya perlu didukung dengan kemampuan mahasiswa melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran. 
 
"Program ini dapat menjadi salah satu pengalaman berharga bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program kampus mengajar. UPI sangat berharap dengan adanya program lomba ini hadir telenta-talenta calon pengajar terbaik dimasa depan," ucapnya.
 
Dia mengatakan, mengajar bukanlah hal yang mudah, diperlukan pengetahuan, keterampilan dan pembiasaan bagi calon guru ketika menghadapi peserta didiknya. Selain pengalaman melalui proses perkuliahan dan praktik lapangan, calon guru perlu juga diasah melalui keikutsertaannya dalam mengikuti lomba mengajar. 
 
 
"Kegiatan Lomba Simulasi Mengajar ini diharapkan dapat menemukan benih-benih calon guru berkualitas yang kreatif dan inovatif dalam dan mengembangkan model, media, serta bentuk penilaian pembelajaran di era abad ke-21," imbuhnya.
 
Penilaian lomba dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap awal dan tahap penilaian final. Pada penilaian tahap awal, Tim juri untuk masing-masing kategori lomba yang akan melakukan penjurian pada tahap penilaian awal berasal dari dosen UPI yang ditunjuk melalui penugasan dan melakukan penilaian menggunakan instrumen penilaian yang sudah ditentukan dengan menetapkan 10 besar peserta masing-masing kategori lomba.
 
Pada penilaian tahap final, Tim Juri melakukan penjurian pada tahap penilaian final awal berasal dari akademisi perguruan tinggi di bidang kependidikan serta praktisi (guru berprestasi) yang ditunjuk oleh Universitas Pendidikan Indonesia. 
 
 
"Tim juri melakukan penilaian menggunakan instrumen penilaian yang sudah ditentukan dengan menetapkan juara masing-masing kategori lomba. Penjurian babak final dilakukan oleh juri yang telah ditunjuk dengan cara menilai simulasi langsung oleh finalis mengacu pada kriteria penilaian yang telah ditetapkan," jelas Dadi Mulyadi. 
 
Sebagai catatan, tahapan Lomba Simulasi Mengajar yang diselenggarakan di UPI yaitu pendaftaran dan pengunggahan Video: 17 Juli – 31 Agustus 2022, Verifikasi Persyaratan: 1 – 10 September 2022, Penentuan 50 Besar: 11 – 24 September 2022, Penilaian 50 Besar: 25 September – 8 Oktober 2022 serta Penilaian Final dan Pengumuman Juara: 14 – 15 Oktober 2022.
 
Lomba Simulasi Mengajar 2022 bagi calon pendidik terbaik berskala nasional ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori Lomba Simulasi Mengajar Guru Kelas Jenjang PAUD dan SD), serta kategori Lomba Simulasi Mengajar Guru Mata Pelajaran Jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK)
 
Lomba Simulasi Mengajar 2022 dimeriahkan dengan berbagai hadiah menarik, yaitu untuk kategori 1 Lomba Simulasi Mengajar Guru Kelas dengan hadiah Juara 1 sebesar Rp7.500.000, hadiah Juara 2 sebesar Rp5.000.000 serta hadiah Juara 3 sebesar Rp3.000.000. Pada kategori 2 Lomba Simulasi Mengajar Guru Mata Pelajaran dengan hadiah Juara 1 sebesar Rp7.500.000, Juara 2 sebesar Rp5.000.000 serta Juara 3 sebesar Rp3.000.000. 
 
 
Calon pendidik sebagai peserta Lomba Simulasi Mengajar 2022 dapat mengakses Informasi dan Pendaftaran melalui http://lombasimulasimengajar.upi.edu, Contact Person:
 
+62813-2464-1737 atas nama Jatmika Nurhadi, S.S., M.Hum, serta dapat mengakses media sosial Instagram: @lombasimulasimengajar. *** (Okky Adiana)
 
 


Editor : inilahkoran