Ada Pungli di Sekolah, Ibrahim Tompo : Segera Laporkan!

Polda Jabar mengimbau masyarakat tdiak segan melapor jika ada Pungli saat penerimaan siswa di sekolah dan pihaknya akan memproses

Ada Pungli di Sekolah, Ibrahim Tompo : Segera Laporkan!
Kabidhumas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengaku akan menerima semua aduan dan laporan masarakat jika terjadi dugaan punglsi di sekolah.

INILAHKORAN, Bandung - Polda Jabar menerima segala laporan atau aduan masyarakat, jika ada yang merasa menjadi korban, pungutan liar (Pungli) saat penerima siswa baru.

"Jika ada indikasi, silahkan laporkan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo, saat dihubungi via ponselnya, Minggu 3 Juli 2022 .

Ibrahim mengatakan, untuk pungli khususnya penerimaan siswa baru, memang merupakan ranahnya Saber Pungli. Namun, pihaknya tidak menutup diri, untuk turut aktif menindak adanya pungli pada penerimaan siswa di Jabar.

Baca Juga: Satgas Saber Pungli Jawa Barat Rekomendasikan Pemberhentian Kepala Sekolah SMKN 5 Bandung

"Untuk pungli, ini memang ranahnya Saber pungli, tetapi jika ada indikasi pungli, itu bisa laporkan juga kepada kami, dan kami terima, untuk selanjutnya nanti di kordinasi dengan saber pungli, ucap dia.

Di Jabar, baru ada satu sekolah yang terkuak melakukan pungli saat penerimaan siswa. Tindak pungli tersebut terjadi di SMKN 5 Bandung.

Tim Saber Pungli Jabar, dapati adanya pungutan liar, pada kegiatan daftar ulang penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMK 5 Negeri Bandung. Tim berhasil amankan uang yang mencapai Rp 40.750.000.

Baca Juga: Ombudsman Jawa Barat Soroti Pungli di Salah Satu SMK di Bandung

Saber pungli, langsung melakukan pemeriksaan terhadap kepala sekolah, dua orang tenaga kontrak honorer, wakil kepala sekolah kesiswaan dan operator. Mereka adalah tim PPDB sekolah.

Adapun total barang bukti yang diamankan, terdiri dari uang titipan sebesar Rp 23.700.000. Selain itu uang pramuka Rp 17.250.000.


Editor : inilahkoran