IKA Polban Poltek ITB Hadirkan 135 Pelaku pada Festival UMKM Cimahi

Sebanyak 135 pelaku UMKM hadir di Cimahi Techno Park. Mereka mengikuti Festival UMKM Cimahi yang diinisiasi IKA Polban Poltek ITB.

IKA Polban Poltek ITB Hadirkan 135 Pelaku pada Festival UMKM Cimahi
Pada Festival UMKM Cimahi, IKA Polban Poltek ITB menghadirkan narasumber berkompeten dari para pelaku usaha yang sudah sukses.

INILAHKORAN, Cimahi - IKA Polban Poltek ITB menginisiasi gelaran Festival UMKM Cimahi. Sebanyak 135 pelaku UMKM hadir di Cimahi Techno Park.

Pada Festival UMKM Cimahi itu, Ikatan Keluarga Alumni Politeknik Negeri Bandung Politeknik ITB (IKA Polban Poltek ITB) menghadirkan narasumber berkompeten dari para pelaku usaha yang sudah sukses.

"Festival UMKM Cimahi ini sebagai upaya mendukung visi pembangunan Indonesia 2045 dan memajukan UMKM lokal yang sempat terdampak pandemi Covid-19," kata Menteri UMKM IKA Polban Poltek ITB Anggia Tresna Wibawa, Selasa 5 Juli 2022.

Baca Juga: Kabupaten Cirebon Siap Kawal Koalisi PKB dan Gerindra

Dia menjelaskan, IKA Polban Poltek ITB ingin turut berperan aktif dalam mendukung dan menginisiasi program yang memberi dampak langsung kepada masyarakat.

"Melalui Festival UMKM Cimahi ini nantinya akan diberikan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan secara berkelanjutan," jelasnya.

Selain itu, terang dia, melalui jalinan kerja sama dengan Pemkot Cimahi, pihaknya ingin mahasiswa, alumni Polban, dan juga masyarakat umum yang berkecimpung di UMKM bisa semakin maju.

Baca Juga: Pemkot Cimahi Gulirkan Program Rutilahu, Simak Kategori Penerimanya

"Terpenting dapat melahirkan pelaku usaha muda baru, mahasiswa, maupun alumni khususnya yang ada di Kota Cimahi," terangnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Ahmad Nuryana mengungkapkan pihaknya mengapresiasi kegiatan Festival UMKM Cimahi ini.

"Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program UMKM Jabar Juara untuk melakukan pembinaan agar UMKM lokal bisa naik kelas," ungkapnya.

Baca Juga: Tok! Liga 1 2022-2023 Dimulai 23 Juli 2022

Apalagi, jelas dia, pemerintah pusat melalui Presiden Jokowi terus menggencarkan untuk membeli produk-produk lokal.

Sehingga, itu menjadi peluang agar UMKM lokal bisa maju bersaing dengan produk dari luar.

"Pembinaan yang dilakukan seperti melalui pelatihan, memfasilitasi akses keuangan, pemasaran, dan yang lainnya. Jadi yang belum punya UMKM mau ikut usaha, sedangkan yang sudah jalan bisa naik kelas," tuturnya.

Baca Juga: Penampakan Barang Mewah Milik Doni Salmanan di Gudang Kejari Bale Bandung

Salah seorang peserta kegiatan Ayu Siti Hardianti (24) mengaku, dirinya terbantu dengan adanya festival UMKM ini mengingat dirinya bisa bertemu dengan 135 pelaku usaha.

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu modal dalam mengembangkan jaringan untuk menciptakan peluang dalam kolaborasi usaha.

"Kita jadi dapat ilmu dan relasi karena bisa berkolaborasi dengan pelaku usaha lain," pungkasnya. (Agus Satia Negara)


Editor : inilahkoran