Pasca Izin Dicabut, Yana Mulyana Akan Inventarisasi Kerjasama Dengan ACT

Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan inventarisasi apakah melakukan kerjasama ACT atau tidak

Pasca Izin Dicabut, Yana Mulyana Akan Inventarisasi Kerjasama Dengan ACT
Wali Kota Bandung Yana Mulyana

INILAHKORAN, Bandung - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan inventarisasi apakah melakukan kerjasama program dengan aksi cepat tanggap (ACT) setelah izin pengumpulan donasi dan barang dicabut Kementerian Sosial.

"Malah saya baru baca Kementerian Sosial sudah membekukan izin pengumpulan donasi. Saya belum menerima laporan dari Dinas Sosial (Dinsos) juga. Saya akan berkoordinasi dengan Dinsos karena yang banyak kegiatannya," kata Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu 6 Juli 2022.

Dikemukakan Yana Mulyana, selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Yana mengaku belum menjalin kerjasama dengan ACT untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Bahkan Yana menyebut, belum pernah bertemu dengan pihak ACT.

Baca Juga: Izin ACT Resmi Dicabut, Kemensos Beberkan Alasannya

"Apakah mereka melakukan pengumpulan donasi disini, menyalurkan bantuan kebencanaan, saya belum tahu. Tetapi kita akan melakukan invertarisasi apakah terdapat kerjasama dengan ACT dan kegiatan yang dilaksanakan di Kota Bandung," ucapnya.

Kementerian Sosial mencabut izin penyelenggaraan pengumpulan uang dan barang (PUB) yang telah diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap  (ACT) 2022, terkait adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak yayasan.

Pencabutan itu, dinyatakan dalam Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap di Jakarta Selatan. *** (Yogo Triastopo)


Editor : inilahkoran