Ikut Andil Demo Ricuh GMBI di Polda Jabar, Ketua Umum LSM GMBI Fauzan Dituntut 10 Bulan Bui

Ketua Umum LSM GMBI Fauzan dituntut 10 tahun penjara karena dinilai jaksa penuntut umum ikut andil dalam aksi demo ricuh GMBI di Polda Jabar

Ikut Andil Demo Ricuh GMBI di Polda Jabar, Ketua Umum LSM GMBI Fauzan Dituntut 10 Bulan Bui
Dianggap ikut andil pada demo ricuh GMBI di Polda Jabar, Ketua Umum LSM GMBI Fauzan dituntut 10 tahun bui.

INILAHKORAN, Bandung - Ketua Umum LSM GMBI Fauzan dituntut 10 bulan penjara karena dinilai jaksa penuntut umum ikut andil dalam aksi demo ricuh GMBI di markas Polda Jabar.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 10 bulan kepada terdakwa," ucap JPU saat membacakan tuntutan dalam sidang di PN Bandung, Rabu 6 Juli 2022.

Menurutnya, pada demo ricuh GMBI di Polda Jabar itu Fauzan, lanjut JPU, dianggap melanggar Pasal 160 Jo Pasal 56 ke-2 KUHP tentang membantu menghasut untuk melawan kejahatan.

Baca Juga: Jasad Tengkorak Tergantung di Sindangkerta Ternyata Warga Cihampelas KBB

Sementara itu, Rizky Rizgantara kuasa hukum dari Fauzan akan menanggapi melalui nota pembelaan atau pleidoi pada pekan depan. Dia menilai tuntutan dan juga fakta persidangan menilai aksi kliennya itu perbuatan pasif.

"Pembantuan pasif, karena tidak menanggapi percakapan para pengurus GMBI di dalam grup, makanya akan kami tanggapi apakah itu merupakan tindak pidana atau ada jeda," tutur Rizki.

"Sebab, akibat dari chat tersebut dengan kegiatan akai dan menurut kami sesuai fakta sidang tidak ada. Makanya akan ditanggapi dalam pleidoi pekan depan," kata Rizki menambahkan. (Cesar Yudistira)


Editor : inilahkoran