Dibalut Nuansa Etnik, Dukungan Terhadap Erick Thohir Dideklarasikan di Bandung Timur

Dukungan kepada Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024 kembali menggema dari Kota Bandung. Kali ini dari Relawan Balad Erick Thohir.

Dibalut Nuansa Etnik, Dukungan Terhadap Erick Thohir Dideklarasikan di Bandung Timur
Dukungan kepada Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024 kembali menggema dari Kota Bandung.


INILAHKORAN, Bandung -
Dukungan kepada Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024 kembali menggema dari Kota Bandung.

Deklarasi dukungan dilakukan oleh Relawan Balad Erick Thohir bersama komunitas milenial Jabar Movement dan Paguyuban Seni-Budaya di Bandung Timur pada Rabu, 6 Juli 2022.

Acara digelar dengan nuansa etnik dan budaya di JS Coffe Mandalawani, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung.

Turut hadir Sekjen Balad Erick Thohir Natsir Amir, Ketua Korda Balad Erick Thohir Bandung Timur Lina Marlina, dan perwakilan Jabar Movement Muhammad Faizin.

Baca Juga: Bergabung Sejak Februari, Pratama Arhan Akhirnya Tampil saat Tokyo Verdy hadapi Tochigi SC di J2 League

Saat menyampaikan sambutannya, Natsir Amir mengatakan acara deklarasi ini dihelat sebagai pengejawantawan atas kepedulian Erick Thohir terhadap seni budaya tradisional. Di Tanah Pasundan, terutama di Bandung Timur, kata Natsir, ternyata ada seni sunda tradisional yang nyaris punah.

“Deklarasi kali ini terasa berbeda, karena selain memberi dukungan kepada Erick Thohir untuk maju di Pilpres 2024 juga sebagai bentuk dukungan kami terhadap seni dan budaya Sunda tradisional,” ujar Natsir Amir, dalam siaran persnya.

Selama ini, kata Natsir, Erick Thohir memang memberikan dukungan dan perhatian kepada pelaku seni dan budaya tradisional. Itu terlihat dari upaya Erick Thohir yang kembali menghidupkan parade budaya di bandara-bandara di Indonesia.

“Erick Thohir terbukti mendorong airport menjadi etalase kebudayaan, kesenian, dan musik Indonesia. Karena Pak Erick sadar akan luar biasanya kekayaan seni dan budaya tradisional Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Masih Temani Angelina Jolie Syuting Film di Italia, Shiloh Jolie Pitt Nikmati Es Krim di Jalanan Kota Roma

Selain menjaga kultur, Natsir juga mengatakan, jika upaya tersebut dilakukan untuk menguatkan karakter bangsa. Karena itu, kata Natsir, selain dilestarikan seni dan budaya tradisional itu harusnya juga dikembangkan,” kata Natsir.

Sementara itu, setelah memimpin pembacaan deklarasi dan dukungan, Ketua Korda Balad Erick Thohir Bandung Timur, Lina Marlina mengungkap alasannya memberi dukungan kepada Erick Thohir karena selain merupakan sosok yang punya terah Jawa Barat juga karena dukungannya terhadap seni dan budaya tradisional.

“Dukungan kami hari ini punya banyak alasan, namun yang paling penting adalah perhatian besarnya terhadap pengembangan seni dan budaya tradisional. Di sini kami punya kesenian Buhun Terbang,” ujar Lina.

Menurut Lina, seni pertunjukan ‘Buhun Terbang’ merupakan adaptasi dari seni kawih tradisional yang ditujukan untuk menyebarkan ajaran Islam. Mirip tembang Li Ilir yang diciptakan Sunan Kali Jaga.

Baca Juga: Sarah Jessica Parker Nikmati Musim Panas dengan Berjemur, Malia Mills Jadi Baju Renang Pilihannya!

“Duluanya, seni pertunjukkan ini dipakai untuk menyebarkan agama Islam ke masyarakat yang pada saat itu didominasi masyarakat dengan kepercayaan tradisional,” ungkap Lina yang juga merupakan pegiat pertanian di Jawa Barat ini.

Selain diisi pertunjukkan Seni Buhun Terbang, acara deklarasi juga menghadirkan seni etnik sunda yang ditampilkan komunitas Jejak Rambah Buana (JRB). Melalui seni etnik ini, JRB dan peserta deklarasi ingin menunjukkan tradisi lama masyarakat sunda sebelum muncul peradaban baru. *** (Okky Adiana)


Editor : inilahkoran