Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama dengan Disdagin Kota Bandung Gelar PKM Bagi UMKM di Bandung

Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di kampus Universitas Widyatama,

Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama dengan Disdagin Kota Bandung Gelar PKM Bagi UMKM di Bandung
Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di kampus Universitas Widyatama, pada Kamis 7 Juli 2022.

INILAHKORAN, Bandung - Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di kampus Universitas Widyatama, pada Kamis 7 Juli 2022.

Tema yang diangkat adalah, “Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung”.

Sebanyak 20 UMKM berpartisipasi dalam kegiatan. Acara ini hasil kerjasama Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama dengan Disdagin Kota Bandung.

Baca Juga: Universitas Widyatama Gelar PkM Menggali Potensi Diri untuk Memulai Bisnis

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasi Distribusi Barang Penting Disdagin Kota Bandung, Rohman Agus Jatnika, Direktur Utama PT. Global Future Technologies (Gloftech), Ratu Aghnia Fadilah, sebagai narasumber, dan ketua Kluster Iwan Rijayana.

Dalam sambutannya, Kasi Distribusi Barang Penting Disdagin Kota Bandung Rohman Agus Jatnika mengatakan, ada dua masalah yang dihadapi mitra. Pertama, dalam pemanfaatan digital marketing, desain digital marketing masih sederhana, sehingga kurang diminati pelanggan akibatnya penjualan kurang terlihat gaungnya.

Kedua, belum menggunakan fasilitas digital marketing dengan baik dikarenakan belum memiliki pemahaman terhadap strategi digital marketing.

Baca Juga: Bandung Kota Kondusif, Ini Ungkapan Rasa Syukur Yana Mulyana

Maka dari itu, dia memberikan solusi permasalahan, pertama dalam pemanfaatan digital marketing, desain digital marketing masih sederhana, sehingga kurang diminati pelanggan akibatnya penjualan kurang terlihat gaungnya.

"Solusinya adalah, memberikan wawasan berupa panduan praktis terkait strategi digital marketing yang akan diberikan oleh pakar dibidangnya," ujar Rohman Agus Jatnika.

Kedua, permasalahannya, belum menggunakan fasilitas digital marketing dengan baik dikarenakan belum memiliki pemahaman terhadap digital marketing dalam membantu memasarkan produk yang dihasilkan.              

"Solusinya, memberikan wawasan berupa panduan praktis terkait strategi digital marketing yang akan diberikan oleh pakar dibidangnya," jelas Rohman Agus Jatnika.

Baca Juga: Pemkot Bandung Targetkan Pengangguran Turun Jadi 8 Persen

Sementara itu, Direktur Utama PT. Global Future Technologies (Gloftech) Ratu Aghnia Fadilah, memberikan wawasan kepada para peserta terkait strategi digital marketing.

Salah satunya adalah, penggunaan dan pemanfaatan SEO pada google ads, pemanfaatan Fans Page Facebook, ads youtube & tiktok, pembuatan lokasi google dan penjualan di marketplace.

"Kami juga membahas apa itu digital marketing. Digital marketing adalah sebuah penggunaan teknologi untuk membantu aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen dengan cara menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Digital marketing didefinisikan juga sebagai kegiatan pemasaran yang menggunakan media berbasis internet," papar Ratu Aghnia Fadilah.

Baca Juga: Berkas Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung, Ade Yasin Segera Jalani Sidang Dakwaan

Sementara itu, Ketua Kluster Iwan Rijayana yang juga dosen Fakultas Teknik Universitas Widyatama menjelaskan, bahwa kegiatan PKM ini sudah rutin terlaksana setiap semester berkat bantuan dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Widyatama.

Sebagai catatan, kegiatan ini selain diikuti oleh 20 UMKM komunitas Disdagin Kota Bandung, diikuti juga oleh mahasiswa-mahasiswi dan dosen yang berperan sebagai fasilitator untuk pemecahan masalah yang dihadapi UMKM terutama dalam strategi digital marketing bagi UMKM.

Sebagian besar UMKM sudah menggunakan media digital seperti media sosial Instagram dan facebook, dan sudah tergabung dalam beberapa marketplace. *** (Okky Adiana)


Editor : inilahkoran