Sidang Lanjutan Bahar bin Smith, Fadli Zon dan Refly Harun Hadir di PN Bandung

Fadli Zon dan Refly Harun menghadiri sidang lanjutan Bahar bin Smith di PN Bandung, Kamis 7 Juli 2022. Ada juga saksi Marwan.

Sidang Lanjutan Bahar bin Smith, Fadli Zon dan Refly Harun Hadir di PN Bandung
Pada sidang lanjutan Bahar bin Smith, Fadli Zon dan Refly Harun hadir di PN Bandung.

INILAHKORAN, Bandung - Tim kuasa hukum Bahar bin Smith akan menghadirkan tiga saksi dalam sidang lanjutan antara lain Fadli Zon dan Refly Harun.

Pantauan di lapangan, dua orang saksi yakni Fadli Zon dan Refly Harun telah datang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis 7 Juli 2022. Selain mereka ada satu orang lainnya yang turut jadi saksi bernama Marwan. Ketiganya akan menjadi saksi dalam sidang lanjutan Bahar bin Smith.

Salah seorang kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuan Kotta menuturkan kehadiran Fadli Zon itu akan menjadi saksi yang meringankan.

Baca Juga: Kuasa Hukum Bahar bin Smith Hadirkan Fadli Zon Jadi Saksi Meringankan

"Fadli Zon kapasitasnya dia anggota DPR saat itu dia membantu kita juga bang Marwan kaitannya soal tp3 buku putih beliau yang investigasi peristiwa km 50," kata Ichwan, sesaat sebelum memasuki ruang sidang.

Sementara untuk Refly Harun, Ichwan mengatakan Refly akan dimintai keterangan sebagai saksi ahli dalam hal ini ahli tatanegara.

"Bang Harun minta keterangannya sebagai ahli. Ahli ketatanegaraan dan perbandingan hukum juga, dia juga akan ditanya kaitannya penerapan pasal 1 tahun 1946 apakah masih relevan di dunia sekarang ini, zaman ini. Karena itu kan peraturan kolonial Belanda ya, Soekarno itu lah relevansi kenapa bang Harun dihadirkan. Kaitannya dengan UU ITE juga. Apakah bisa diterapkan pada habib Bahar yang tidak mengupload," katanya.

Baca Juga: Pengacara Habib Bahar Bin Smith Sebut Tujuh Poin Keterangan Saksi Dicabut dalam BAP

Ichwan mengatakan tidak ada saksi lainnya untuk hari ini. Disinggung soal adanya niatan Rocky Gerung yang bakal turut dijadikan saksi, Ichwan mengatakan hal tersebut masih bersifat tentatif.

"Rocky Gerung masih tentatif belum ada kepastian apakah hari Selasa atau Kamisnya. Masih tunggu konfirmasinya," ucap dia. (Cesar Yudistira)


Editor : inilahkoran