Bantu UMKM KBB, Virageawie Academy Berikan Pelatihan Kepada Ratusan Pelaku Usaha

Sebanyak 400 peserta dari wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti workshop dan pelatihan etos kerja dan manajemen keuangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung Barat.

Bantu UMKM KBB, Virageawie Academy Berikan Pelatihan Kepada Ratusan Pelaku Usaha
Sebanyak 400 peserta dari wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti workshop dan pelatihan etos kerja dan manajemen keuangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung Barat./Agus Satia Negara

INILAHKORAN, Ngamprah - Sebanyak 400 peserta dari wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti workshop dan pelatihan etos kerja dan manajemen keuangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung Barat.

Tak hanya itu, kegiatan pelatihan yang diinisiasi Virageawie Academy juga diisi dengan workshop ecopounding dan pelatihan peningkatan keuangan dan penggunaan software database untuk pencatatan transaksi berbasis online.

Mengusung tema Festival Diburuan,  kegiatan workshop tersebut digelar selama tiga hari mulai dari 24-26 November 2022.

Baca Juga : Calonkan Diri Jadi Ketum KONI Jabar Baru, Begini Visi Misi Budi Setiawan

Ketua Virageawie, Adang Muhidin mengatakan, pelatihan dan workshop tersebut menjadi salah satu solusi bagi keberlangsungan pengelolaan UMKM di KBB.

Sebab, menurutnya, salah satu faktor yang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis UMKM ini, yakni kurangnya pengelolaan manajemen yang baik. Padahal, selama ini sektor UMKM tidak pernah kehabisan ide kreatif secara produk.

"Hal yang menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah keberlangsungan pengelolaan bisnis," tuturnya.

Baca Juga : Ngaku Ajudan Wagub Jabar, Oknum Polisi Dilaporkan ke Propam Polda Jabar

Berdasarkan permasalahan itu, sambung dia, pihaknya menghadirkan Festival Diburuan yang berlangsung selama tiga hari.

"Ada sekitar 400 peserta dari berbagai wilayah di KBB yang ikut partisipasi dalam Festival Diburuan ini," bebernya.

Ia menerangkan, pelatihan yang diberikan dalam Festival Diburuan tersebut, antara lain pelatihan manajemen keuangan, corporate branding dan pelatihan penggunaan software database pencatatan transaksi berbasis online. 

Baca Juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, PMI Kota Bandung Kirim 275 Labu Darah

"Selain itu kita juga berikan penghargaan terhadap tiga UMKM yang berprestasi di KBB. Sekarang masih tahap penjurian, kita akan umumkan pada hari Sabtu 26 November 2022," paparnya.

Dalam festival tersebut, pihaknya juga bakal menyuguhkan wisata edukasi berupa pelatihan kerajinan dan manajemen untuk pelaku usaha di Kabupaten Bandung Barat.

"Festival ini juga diadakan sebagai perayaan dari Hari Bambu Nasional yang diadakan tanggal 26 November 2022," ungkapnya.

Baca Juga : Gak Bosan Masuk Penjara, Residivis di Bandung Ditangkap Polisi Usai Maling Motor

Ia berharap, dengan adanya festival dan opening Virageawie academy tersebut produk UMKM di KBB tak hanya dikenal di Indonesia saja. 

"Lebih dari itu, kita berharap seluruh UMKM di KBB bisa masuk kancah Internasional. Semua dimulai dari pelatihan dan kerja keras bersama," tukasnya.*** (agus satia negara)

Baca Juga : Gaji Petugas Kebersihan Dipangkas 50 Persen, Puluhan Pegawai Datangi Kantor UPT Kebersihan KBB


Editor : JakaPermana