Barcelona vs Liverpool, The Real Final!

Tak diragukan lagi, duel Barcelona kontra Liverpool bak laga final Liga Champions musim ini. Pertarungan dua raksasa, itu akan dimulai di Camp Nou, Kamis (2/5) dini hari WIB.

Barcelona vs Liverpool, The Real Final!
Head to Head dan Prakiraan Pemain Barcelona vs Liverpool

INILAH, Catalan- Tak diragukan lagi, duel Barcelona kontra Liverpool bak laga final Liga Champions musim ini. Pertarungan dua raksasa, itu akan dimulai di Camp Nou, Kamis (2/5) dini hari WIB.

Yang lolos ke final, maka diyakini jadi juara. Toh, lawan dihadapi nanti memang secara kualitas ada di bawah mereka. Ya, Liverpool atau Barcelona akan menghadapi salah satu dari dua tim kuda hitam, Ajax Amsterdam atau Tottenham Hotspur di laga puncak.

Tapi Ernesto Valverde ogah jauh-jauh berpikir soal laga final. Dia sadar, timnya akan menghadapi ujian terberatnya musim ini. Menjamu Liverpool di Camp Nou, Valverde menuntut performa sempurna dari Lionel Messi dan kawan-kawan.

Valverde wajar mewaspadai skuat besutan Jurgen Klopp itu. Dalam dua musim terakhir, Liverpool memang mengerikan. Musim lalu mereka melaju ke partai final sebelum dibungkam Real Madrid. Dan musim ini, Mohamed Salah dan kawan-kawan ada dalam jalur perburuan gelar Liga Champions dan Liga Inggris.

"Mereka (Liverpool) adalah lawan yang sangat kuat, dengan serangan yang menunjukkan potensi mereka, baik musim ini maupun musim lalu." kata Valverde dilansir Marca.

"Tahun lalu, mereka mencapai final Liga Champions. Kali ini, mereka tampil hebat di turnamen, sementara mereka juga bertarung untuk juara Premier League."

Barcelona dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka baru saja menyegel gelar La Liga Spanyol setelah mengalahkan Levante, 1-0 akhir pekan lalu. Artinya fokus Los Azulgrana bisa benar-benar tercurah untuk mewujudkan ambisi lolos ke partai final.

Valverde telah menyiapkan segalanya termasuk kondisi kebugaran sang megabintang, Lionel Messi. Dalam laga melawan Levante, Messi baru masuk di babak kedua dan sukses mencetak gol kemenangan.

"Messi membutuhkan setidaknya 45 menit di laga melawan Levante sebagai bagian dari persiapan untuk melawan Liverpool. Ini akan menjadi ujian yang besar kami kami dan kami harus membuatnya siap," ungkapnya.

Valverde juga diuntungkan dengan keberadaan dua penggawa Barcelona yang pernah menjadi bintang Liverpool. Adalah Luis Suarez dan Philippe Coutinho, dua pemain yang pernah menjadi tulang punggung The Anfield Gank, beberapa musim lalu. Keduanya jelas tahu betul plus-minus kekuatan Liverpool.

Trisula Messi, Suarez, dan Coutinho adalah pilihan terbaik Barcelona untuk menembus sistem pertahanan Liverpool. Tapi Manajer Liverpool, Jurgen Klopp melontarkan pernyataan nyeleneh. Dia mengaku tak pernah sedetik pun memikirkan laga melawan Barcelona.

"Bisakah Anda bayangkan, saya tidak memikirkan sedetik pun tentang Barcelona sebelumnya. Saya melihat mereka dalam hidup saya sekitar 100 kali, tetapi saya tidak berpikir sejenak tentang mereka," kata Klopp dilansir situs resmi klub.

Klopp seperti ingin meredakan ketegangan tinggi yang kini menghampiri ruang ganti Liverpool. Dia percaya, hanya dengan tampil lepas tanpa beban, timnya bisa meraih hasil maksimal di Camp Nou.

"Begitu banyak tim sudah mencoba untuk menang di sana dan tidak berhasil. Itu tidak mungkin terjadi untuk kami, tetapi itu masih mungkin. Kami pasti memiliki rencana, tetapi tidak tepat saat ini," lanjutnya.

Liverpool bisa menurunkan kekuatan terbaik seiring dengan pulihnya striker, Roberto Firmino. Tetapi kemungkinan besar, Klopp akan membangku cadangkan terlebih dahulu penyerang asal Brasil itu.
Firmino bisa masuk di babak kedua. Dia akan jadi solusi jitu ketika trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Daniel Sturridge mengalami kebuntuan.

"Dia ini Bobby, jadi dia mungkin siap untuk Rabu, tapi kami tentu saja tidak tahu (pastinya) untuk sekarang ini. Lebih kepada mungkin ketimbang tidak bermain sama sekali. Tapi kita lihat saja," pungkas Klopp. (bsf)

HEAD TO HEAD
06/08/16: Liverpool 4-0 Barcelona
06/03/07: Liverpool 0-1 Barcelona
21/02/07: Barcelona 1-2 Liverpool
13/03/02: Barcelona 0-0 Liverpool
20/11/01: Liverpool 1-3 Barcelona

LIMA LAGA TERAKHIR BARCELONA
27/04/18: Barcelona 1-0 Levante
23/04/19: Alaves 0-2 Barcelona
20/04/19: Barcelona 2-1 Real Sociedad
16/04/19: Barcelona 3-0 Man United
13/04/19: Huesca 0-0 Barcelona

LIMA LAGA TERAKHIR LIVERPOOL
26/04/18: Liverpool 5-0 Huddersfield
21/04/19: Cardiff 0-2 Liverpool
17/04/19: FC POrto 1-4 Liverpool
14/04/19: Liverpool 2-0 Chelsea
09/04/19: Liverpool 2-0 FC Porto

PRAKIRAAN PEMAIN
Barcelona (4-3-3)

Stegen (GK) Alba, Lenglet, Pique, Semedo (B) Busquets, Rakitic, Vidal (T) Coutinho, Luis Suarez, Messi (D)
Pelatih: Ernesto Valverde
Liverpool (4-3-3)
Becker (GK) Robertson, van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold (B) Keita, Wijnaldum, Handerson (T) Mane, Sturridge, Salah (D)
Pelatih: Jurgen Klopp
 


Editor : Bsafaat