Belanda Tumbangkan Amerika Serikat di 16 Besar Piala Dunia 2022

Belanda menumbangkan perlawanan Amerika Serikat dengan skor 3-1 pada fase 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (3/12) malam WIB.

Belanda Tumbangkan Amerika Serikat di 16 Besar Piala Dunia 2022
Para pemain Belanda merayakan kemenangan atas Amerika Serikat, sekaligus lolos ke babak perempat-final Piala Dunia 2022. (Instagram: fifaworldcup)

INILAHKORAN, Bandung - Belanda menumbangkan perlawanan Amerika Serikat dengan skor 3-1 pada fase 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (3/12) malam WIB.

Atas kemenangan tersebut, Belanda jadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Pada awal pertandingan, Amerika tampil menekan. Namun justru Belanda yang berhasil memecah kebuntuan lewat gol Memphis Depay yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 10.

Baca Juga : Argentina vs Australia, Milos Degenek: Bukan Suatu Kehormatan Melawan Messi di Piala Dunia 2022

Kemudian Belanda menggandakan keunggulan di akhir babak pertama lewat Daley Blind. Blind berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan tarik Dumfries dari sisi kanan.

Memasuki babak kedua, Amerika menghidupkan peluang lolos setelah memperkecil kedudukan di menit ke 76. Umpan silang dari sisi kanan menemui Haji Wright di tiang dekat dan bisa menyontek bola untuk jadi gol, meski dikawal ketat bek Belanda Van Dijk.

Namun, saat pertandingan tersisa sembilan menit menjelang usai, Denzel Dumfries kembali memperlebar kedudukan dan mengunci kemenangan untuk Belanda.

Baca Juga : Brasil Khawatir Piala Dunia 2022 Neymar Berakhir di Tengah Ketidakpastian Pemulihan

Sejatinya Amerika Serikat tampil dominan dengan pengusaan bola 59 persen berbanding 41 persen untuk Belanda.

Kelolosan Belanda ke perempat-final ini menjadi yang kelima dalam enam edisi terakhir Piala Dunia. Belanda gagal melaju ke perempat-final, terjadi pada 2006 silam saat dikalahkan Portugal 1-0.

Belanda akan bertemu Argentina dalam laga perempat-final Piala Dunia 2022 yang akan digelar Sabtu (10/12) dini hari WIB.***(Ridwan Firdaus)


Editor : asayuti