Belgia Anti Klimaks di Piala Dunia 2022, Courtois: Kami Tidak Cocok Dengan Label 'Generasi Emas'

Kiper Belgia Thibaut Courtois angkat bicara terkait 'Generasi Emas' Belgia yang telah tersingkir sejak babak penyisihan grup F Piala Dunia 2022.

Belgia Anti Klimaks di Piala Dunia 2022, Courtois: Kami Tidak Cocok Dengan Label 'Generasi Emas'
Skuad 'Generasi Emas' Belgia saat berlaga di ajang Piala Dunia 2022. (Instagram: thibautcourtois)
INILAHKORAN, Bandung-Kiper Belgia Thibaut Courtois angkat bicara terkait 'Generasi Emas' Belgia yang telah tersingkir sejak babak penyisihan grup F Piala Dunia 2022.
Menurut Courtois, skuad Belgia tidak cocok dengan label tersebut karena tidak mampu memenangkan gelar, bahkan harus pulang lebih cepat dari Piala Dunia 2022.
Belgia memulai turnamen dengan tidak meyakinkan usai hanya menang tipis atas Kanada 1-0. kemudian tim 'Generasi Emas' itu dihantam Maroko 0-2, sebelum berimbang kontra Kroasia 0-0 yang memastikan mereka terusir dari gelaran Piala Dunia 2022.
"Agak sedikit memalukan karena mereka menyebut kami generasi emas Belgia ketika kami tidak memenangi apapun," kata Courtois, dikutip ESPN.
Meskipun diisi pemain-pemain top seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Courtois sendiri, kiprah Belgia justru antiklimaks. The Red Devils kandas di fase grup.
"Kami bukan sebuah generasi emas, kami itu sebuah generasi dengan banyak bakat dan banyak pemain heat di beberapa klub Eropa," tambahnya.
"Di Rusia, di 2018, kami telah menunjukkan bahwa kami itu tim Belgia yang memainkan sepakbola yang bagus. Di Piala Dunia ini dan di Piala Eropa [2020] kami bukan diri kami sendiri," sambung Courtois.
Courtois akan berusia 34 tahun saat Piala Dunia 2026 yang digelar di Amerika Serikat. Kiper Real Madrid itu masih berambisi untuk tampil sekali lagi.
"Kita lihat saja apa yang terjadi, siapa yang tetap bertahan, siapa yang akan mengakhiri kariernya. Aku sih ingin bermain di Piala Dunia [selanjutnya], pasti," pungkasnya.
Sementara itu, tersingkirnya Belgia membuat sang pelatih Roberto Martinez mengundurkan diri.
Adapun, Martinez sudah menjabat selama enam tahun sebagai pelatih Belgia, memandu mereka finis ketiga di Piala Dunia 2018 dan mencapai perempat-final Euro 2020.
Belgia akan mencari pelatih baru sebelum kualifikasi Euro 2024 yang mereka mulai dengan melawan Swedia pada Maret 2023.***(Ridwan Firdaus)


Editor : JakaPermana