• Hari Konsumen Nasional: Cerdas di Era Ekonomi Digital

    Oleh : Inilahkoran06 Mei 2018 14:09

    INILAH, Bandung - Pejabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin meminta warga Kota Bandung menjadi konsumen yang cerdas. Sebagai konsumen, warga harus memilih barang atau jasa sesuai yang diinginkannya.


    "Konsumen sekarang mudah, cukup membuka situs atau sosial media, produk yang diinginkan akan mudah didapat. Namun konsumen makin kritis dengan kemajuan teknologi," ujar Solihin saat acara Hari Konsumen Nasional di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Minggu (6/5/2018).


    Solihin mengungkapkan, setiap hari ada sekitar 20 keluhan yang disampaikan konsumen. Keluhan yang disampaikan pun beragam. Mulai dari produk yang rusak hingga pelayanan yang belum memuaskan. "Ini juga menunjukan konsumen semakin memahami kebutuhan mereka," ujarnya.

    Peringatan Hari Konsumen Nasional 2018 ini memang bertemakan “Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital”.

    Solihin mengatakan, dunia digital sudah berkembang pesat di Indonesia. Jika dahulu hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Kota, sekarang daerah-daerah terpencil sudah bisa merasakan manfaat dari teknologi digital.

    Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat persaingan bisnis semakin ketat. Para pengusaha pun mengincar para pengguna teknoligi digital sebagai konsumennya. Para produsen pun memasarkan produknya secara luas dengan beralih ke dunia digital.


    Pada HARKONAS tahun 2018, Pemprov Jabar meraih prestasi yang sangat menggembirakan. Pemerintah Indonesia,melalui Kementrian Perdagangan, memberikan penghargaan kepada Daerah yang peduli terhadap konsumen melalui Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1214 Tahun 2017 tentang Penetapan Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2017. Pada penghargaan ini, menempatkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi terbaik Peringkat Pertama untuk Daerah Peduli Perlindungan Konsumen tahun 2017. Penghargaan ini telah diserahkan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo (diwakili oleh Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita) kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, H. Mohamad Arifin Soedjayana pada tanggal 24 April 2018 di Provinsi Bangka Belitung.



    Pencapaian kinerja ini, tentunya menambah rangkaian panjang prestasi dari jajaran Pemprov. Jabar dibawah kepemimpinan Gubernur Jabar, Dr. HC. Ahmad Heryawan, LC. Dengan diraihnya penghargaan Provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen, maka menempatkan penghargaan ke-266 yang diraih Pemprov. Jabar.


    Kadis Perindag Jabar, Arifin Soedjayana dalam keterangannya mengatakan Sumbangsih penghargaan diraih dari berbagai indicator kinerja yaitu, Pemprov Jabar sudah sukses merealisasikan anggaran hibah untuk BPSK, dengan pagu anggaran di tahun 2017 sebesar Rp5 miliar dan di tahun 2019 dialokasikan sebesar Rp.7 miliar. Untuk realisasi di tahun lalu, dana hibah dialokasikan untuk BPSK yang sudah terbentuk di 16 Kabupaten/Kota pembinaannya menjadi tanggung jawab Pemprov. Jabar.(*)


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT