Apple Baru Luncurkan iPhone 5G pada 2021?

Apple Baru Luncurkan iPhone 5G pada 2021?
INILAH, Bandung - Apple belum menunjukkan tanda-tanda mereka akan membuat iPhone yang mendukung jaringan 5G. Hal ini berbanding terbalik dengan Samsung dan Huawei yang mencoba menghadirkan smartphone 5G secepat mungkin.
 
Mengutip Phone Arena, analis dari UBS Timothy Arcuri memprediksi Apple akan mengeluarkan iPhone versi 5G pada 2021. Faktor utama keterlambatan Apple 'bermain' di smartphone 5G, lanjut Arcuri, menyusul kelangkaan pasokan chipset.
 
Dalam skenario pengadaan modem 5G, Apple memiliki opsi lima pemasok yang dapat memberikan modem untuk iPhone.
 
Apple telah bermitra dengan Intel untuk kebutuhan modem di iPhone terbaru, iPhone XS dan XR. Sayangnya, Intel juga belum membuat modem 5G sampai saat ini.
 
Intel akan meluncurkan modem 5G perdana pada semester pertama 2020. Arcuri meyakini Intel akan meleset dari target sehingga Apple harus puas dengan masih menggunakan jaringan 4G LTE pada 2020.
 
Sementara itu, Qualcomm sudah memproduksi modem 5G untuk smartphone dan akan dipasang di berbagai handset unggulan. Apple semula memakai chipset buatan Qualcomm sebelum mereka berseteru soal pelanggaran paten.
 
Qualcomm menolak chip mereka dipakai di iPhone XS dan XR sejak 2018. Perang paten itu masih akan berlanjut dan peluang iPhone 2020 akan memakai modem dari Qualcomm sangat kecil.
 
Apple sebetulnya masih bisa berharap pada Samsung. Apalagi, raksasa dari Korea Selatan itu juga memasok panel OLED untuk iPhone.
 
Tapi, Samsung juga berambisi menjadi pemain awal dalam segmen ponsel 5G sehingga modem 5G mereka ditujukan bagi smartphone besutan mereka sendiri.
 
Samsung pun sudah menyediakan Galaxy S10 dalam versi 5G dan dalam waktu dekat akan meluncur di sejumlah negara. Seri flagship berikutnya, Galaxy Note 10 juga diperkirakan akan tersedia versi 5G.
 
Pemasok modem 5G lainnya adalah Huawei. Tapi, AS sedang perang dagang dengan China. Pemerintah AS juga mencurigai Huawei sebagai mata-mata untuk pemerintah China.
 
Pemasok lainnya adalah MediaTek yang tidak pernah digunakan Apple karena chipset itu dianggap tidak memiliki standar yang pas bagi iPhone.
 
Apple sempat dikabarkan sedang mengembangkan modem 5G sendiri meskipun belum ada konfirmasi tentang kabar tersebut.(job iqbal, sumber: inilah.com)