Tengah Malam Nanti, KAI Mulai Jual Tiket KA Lebaran Tambahan

Tengah Malam Nanti, KAI Mulai Jual Tiket KA Lebaran Tambahan
ilustrasi
INILAH, Bandung - Animo masyarakat untuk mudik menggunakan moda trasportasi kereta api tahun ini relatif meningkat. Selain mengoperasikan KA reguler, PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun menyiapkan 50 KA Tambahan.
 
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, untuk KA reguler itu pihaknya menyediakan 12.750 bangku per hari. Sejauh ini, dari total tiket yang disediakan itu sekitar 39,7% dipesan calon penumpang. Artinya, masih ada 60% lagi yang bisa dipesan melalui kanal-kanal pemesanan.
 
Meski demikian, dia mengaku pihaknya menyediakan KA Tambahan untuk mengakomodir calon pemudik yang akan mudik pada hari-hari favorit. Sejauh ini, hari favorit untuk mudik yakni H-7 dan H-6. Sedangkan, masa puncak arus balik terjadi pada H+2 dan H+3.
 
“Untuk KA Tambahan, tahun kita menyediakan sebanyak 29.456 kursi per hari. Jumlah untuk keseluruhan KA Tambahan ini meningkat 8% jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Edi di Bandung, Jumat (5/4/2019).
 
Menurutnya, bagi masyarakat yang akan membeli tiket KA Tambahan pihaknya akan menjualnya mulai H-60. Tepatnya, pada Sabtu (6/4/2019) pukul 00.00 WIB. Pihaknya menyediakan KA favorit keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.
 
Edi menuturkan, guna mengantisipasi lonjakan trafik pemesanan itu KAI meningkatkan kapasitas kecepatan internet hingga dua kali lipat. Upaya itu untuk memudahkan calon penumpang mengakses situs resmi dalam pemesanan tiket keberangkatan Lebaran 2019.
 
Dia menyebutkan, pihaknya telah memperbesar kapasitas bandwith hingga 1.200 mbps.  Peningkatan itu dilakukan agar calon pengunjung di kanal penjualan tiket itu tidak crowded. Selain itu, tambahan 20 server pun disiapkan. Di sisi keamanan perjalanan, Edi menyebutkan pihaknya mengerahkan sebanyak 10 ribuan personel keamanan internal. Jumlah petugas keamanan itu pun akan bertambah dengan sejumlah aparat yang akan bekerja sama.
 
“Selain itu, kita pun menurunkan sebanyak 370 personel penjada daerah rawan bencana, 1.456 personel tambahan yang akan menjaga di 5.238 perlintasan. Semua perlintasan akan dioperasikan mengingat masa puncak itu ada peningkatan volume dan freksuensi perjalanan kereta,” sebutnya plus petugas yang akan berjaga di 377 titik rawan pelemparan dan pencurian.
 
Secara umum, KAI melaksanakan Posko Angkutan Lebaran 2019 ini selama 22 hari. Terhitung mulai 26 Mei hingga 16 Juni mendatang. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun.
 
Sementara itu, Manager Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus menyebutkan terdapat empat KA Tambahan Lebaran di wilayah kerjanya. Yakni, KA Lodaya Pagi dan Lodaya Malam Lebaran, KA Pasundan Lebaran, dan KA Kutojaya Lebaran. Total, tempat duduk yang disediakan pada KA Tambahan Lebaran tersebut mencapai 2.600 bangku per hari . 
 
“Di Daop 2 ada empat KA Tambahan Lebaran yaitu KA Lodaya Lebaran relasi Bandung-Yogyakarta-Solo, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Pasarturi, dan KA Kutojaya Lebaran relasi Kiaracondong-Kutoarjo. Pemesanannya dibuka malam ini, tepat pukul 00.00 WIB,” ujarnya. 
 
Dia menuturkan, untuk ketersediaan tiket KA reguler hingga kini masih banyak tersedia. Sejumlah tiket KA reguler itu ada yang sudah habis seperti KA Pasundan dan KA Kutojaya. Namun, masyarakat masih bisa memesannya pada KA Tambahan Lebaran. 
 
“Sampai saat ini di Daop 2, tingkat keterisian tempat duduk KA reguler masih di bawah 50 %. Artinya, masih banyak tiket tersedia untuk masyarakat,” tambah Joni. 
 
Menurutnya, eskalasi pemesanan akan terus meningkat ketika memasuki bulan Ramadan dan mendekati Lebaran. Untuk itu Joni menghimbau agar masyarakat benar-benar merencanakan perjalanan dengan kereta api secara matang sehingga dapat segera memesan tiket perjalanan. 
 
Untuk itu, dia menyampaikan beberapa tips yang bisa digunakan calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA untuk Mudik dan Balik Lebaran 2019. Pertama, usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket. Kedua, cari rute dan tanggal alternatif jika tiket yang diinginkan habis. Ketiga, lakukan pengecekan ketersediaan tiket secara berkala. 
 
“Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id dan KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan, untuk pemesanan di kanal eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai kanal penjualan tiket resmi KAI lainnya,” tutur Joni.