Ade Yasin Bertekad Majukan Parawisata Kabupaten Bogor

Ade Yasin Bertekad Majukan Parawisata Kabupaten Bogor
INILAH, Bogor – Bupati Bogor Ade Yasin meminta aparatur membangun industri pariwisata Kabupaten Bogor secara berkelanjutan. Pilihan ini lebih baik dibandingkan mengekploitasi usaha tambang maupun eksploitasi sumber daya air yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan bencana alam.
 
Menurut Ade, Kabupaten Bogor dikelilingi Gunung Salak, Gunung Gede Pangrango, Gunung Bunder, Gunung Menir, maupun Gunung Pancar, sehingga memiliki potensi parawisata. Bumi Tegar Beriman memiliki 101 air terjun, 96 setu, 11 lapangan golf, komplek olahraga Pakansari, trek olahraga arung jeram, trek  offroad ataupun motor cross, venue olahraga paralayang serta gantole.
 
“Kita mulai membranding Kabupaten Bogor sebagai The City of Sport and Tourisme. Saya sudah mengimbau 418 pemerintah desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) parawisata dan memanfaatkan potensi objek wisata alam maupun olahraga. Mulai tahun ini secara perlahan akan membenahi insfrastruktur yang menuju objek wisata," terangnya.
 
Ade menginginkan parawisata ramah lingkungan (eco tourisme). Masyarakat pedesaan akan mendapat perkembangan ekonomi atas perkembangan objek wisata di daerahnya, seperti Malasari, Nanggung dan Batulayang, Cisarua.
 
“Masyarakat bisa mengfungsikan rumahnya sebagai home stay hingga bertambah pendapatan dan mengubah pola perilaku, seperti sanitasi dan kamar mandi," kata Ade.
 
Ketua Badan Promosi Parawisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor Zaenal Syafrudin optimistis industri parwisata akan lebih maju karena branding The City of Sport and Tourisme. Agen travel lebih maksimal menawarkan paket wisata, misalnya paket Rp1 juta hingga Rp2 juta bisa menginap di hotel, menikmati keindahan alam, dan atraksi olahraga.
 
"Kita ingin majunya industri parawisata tidak merubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tetapi di sisi lain kita berkeinginan insfrastrukturnya bagus dan perijinan usaha parawisatanya juga dipermudah, kordinasi inilah yang kedepan harus terus diperkuat," harapnya.