Hackathon Day Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi

Hackathon Day Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi
Ilustrasi

INILAH, Bandung - Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Fintech Hackathon Day yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 8-10 April 2019. 

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan tinggi vokasi dalam era revolusi Industri 4.0.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof Ismunandar,  membuka langsung kegiatan tersebut. Turut hadir dalam acara Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

"Hackathon Day mengusung tema Training/Workshop Program Hackathon Inovasi dan Kreasi Ide Pembelajaran Financial Technology (Fintech) Perguruan Tinggi," ujarnya.

Kegiatan dibagi ke dalam tiga jenis sebagai alat untuk pengembangan program kurikulum dan pembelajaran Fintech perguruan tinggi.

Ismunandar menambahkan, kegiatan tersebut diikuti oleh seribu lebih peserta. 60 peserta berpartisipasi dalam Hackathon Dosen, sejumlah 1.000 peserta seminar/Talkshop Hackathon, dan 150 peserta Kompetisi Hackathon. Seluruhnya memperebutkan uang pembinaan sejumlah 200 juta rupiah.

"Kegiatan ini merupakan implementasi program bimbingan teknis pengembangan pembelajaran melalui kerja sama dengan Singapura yang telah ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Singapura antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Menteri Pendidikan Singapura pada 7 September 2017," paparnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas para dosen untuk mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran terkait Fintech dalam kerangka pengembangan ekonomi digital Indonesia.

Munculnya beragam kegiatan pembelajaran mahasiswa terkait Fintech dalam menyiapkan generasi muda yang handal untuk mampu terjun dalam dunia bisnis berbasis digital.

Serta, rancangan pedagogi inovasi dan penciptaan ide Fintech melalui Hackathon untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kreatif dan inovatif dalam bidang digital ekonomi.