Terdampak Banjir, Bawaslu Kab Bandung Rekomendasikan Relokasi 176 TPS

Terdampak Banjir, Bawaslu Kab Bandung Rekomendasikan Relokasi 176 TPS
INILAH, Bandung - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung merekomendasikan agar 176 Tempat Pemungutan suara (TPS) di tiga kecamatan direlokasi. Pasalnya, Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot itu wilayahnya terdampak banjir.
 
"Ada 176 TPS yang tersebar di tiga kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang. Kami rekomendasikan kepada KPU untuk direlokasi karena dikhawatirkan pada hari H banjir," kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardhia, Jumat (11/4/2019).
 
Menurutnya, saat ini banjir masih merendam pemukiman di tiga kecamatan tersebut. Dengan ketinggian bervariasi mencapai 1 meter. Relokasi tersebut harus segera dilakukan ke tempat yang lebih aman.
 
"PPK dan KPU kabarnya sudah menyiapkan titik alternatif. Berdasarkan hasil rapat koordinasi tempat relokasi TPS jaraknya maksimal 2 kilometer," ujarnya. 
 
Pihaknya meminta agar rencana tersebut segera diputuskan oleh KPU agar segera disosialisasikan kepada masyarakat. Hedi melanjutkan, jika hal itu tidak diputuskan segera maka dikhawatirkan akan berdampak pada partisipasi masyarakat memilih akan menurun. 
 
"Menurut aturan, pendirian TPS H min satu, kalau mau diputuskan secepatnya," katanya.
 
Dia menjelaskan, jika relokasi sudah diputuskan maka pemerintah daerah dan KPU harus menyiapkan angkutan transportasi menuju ke TPS. Dirinya pun menyoroti kondisi surat suara saat ini yang masih kekurangan.
 
Pihaknya juga akan melakukan patroli di kecamatan dan desa untuk melakukan pengawasan. Selain itu, pihaknya mendatangi titik keramaian masyarakat untuk menyampaikan tentang bahaya politik uang dan ancaman hukumannya bagi masyarakat.
 
"Peluang terjadinya politik uang saat masa tenang terbuka lebar. Ancamannya pidana penjara 3 tahun dan denda Rp36 juta berdasarkan UU Pemilu," ujarnya.

Loading...