Orang Miskinpun Bisa Bersedekah Setiap Hari

Orang Miskinpun Bisa Bersedekah Setiap Hari
ALHAMDULILLAH, Segala Puji Bagi Allah Subhanahu wa taala, shalawat dan salam semoga tetap tecurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.
 
Merasa iri dengan ibadah orang lain adalah sesuatu yang dibolehkan dalam agama islam, tidak semua ibadah dapat dilakukan seseorang, misalnya orang yang miskin ia tidak bisa berinfak atau bersedekah, menunaikan ibadah haji dan lain-lain. Namun agama islam yang mulia ini memberikan solusi bagi si miskin agar tetap bisa bersedekah meskipun tanpa harta? Bagaimana bisa, mari kita simak hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam yang menceritakan tentang sahabatnya yang miskin merasa iri terhadap sahabat Nabi yang kaya raya selalu terdepan dalam beramal kebaikan.
 
Dari Abu Dzar Radhiyallahu anhu bahwa beberapa orang dari Sahabat berkata kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam : "Wahai Rasulullah! Orang-orang kaya telah pergi dengan membawa banyak pahala. Mereka shalat seperti kami shalat, mereka puasa seperti kami puasa, dan mereka dapat bersedekah dengan kelebihan harta mereka." Beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian sesuatu yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, [HR. Muslim]
 
Nah, dari hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam tersebut terbuka lebar kesempatan emas bagi si miskin untuk bersedekah dengan mengucapkan tasbih (ucapan Subhanallah), tahmid (ucapan Alhamdulillah), takbir (ucapan Allahu Akbar) dan Tahlil (ucapan Laa ilaha illallah).
 
Ucapan dzikir ini bisa terus diulang-ulang dalam setiap aktivitas yang artinya semakin banyak berdzikir maka semakin banyak pula bersedekah dengan ucapan dizikir ini. Mudah-mudahan Allah mempermudah setiap kita mengucapkan kalimat dzikir ini. Wallahu alam.

Loading...