Akses Masuk Tol Cisumdawu Disiapkan untuk Pemudik

Akses Masuk Tol Cisumdawu Disiapkan untuk Pemudik
Sekda Jabar Iwa Karniwa
INILAH, Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan akses masuk Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk mudik lebaran 2019. 
 
Adapun ruas yang akan difungsikan untuk mudik adalah Rancakalong-Sumedang tepatnya di seksi II Cisumdawu.
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa sampaikan, hal tersebut diketahui berdasarkan laporan Satker Tol Cisumdawu, pekan lalu. 
 
“Cisumdawu yang sudah siap sepanjang 5,5 kilometer,” ujar Iwa, Senin (15/4/2019).
 
Iwa sampaikan, pihak Satker sedang memastikan kesiapan akses dari di wilayah Tanjungsari dan Rancakalong serta Sumedang untuk pemudik
menuju dan ke ruas tol tersebut. Menurut dia, perkembanganya menunjukan langkah yang positif.
 
“Sekarang sedang disiapkan akses masuk dan keluar tolnya, sudah signifikan nanti akan tersambung ke jalan provinsi,”katanya.
 
Hanya saja, menurutnya, ada beberapa kendala yang ditemui dalam mengerjakan akses ini. Terutama pada beberapa titik badan jalan yang belum tuntas. Tambah dia, hal tersebut sedikit menghambat pembangunan fisiknya. "Tapi sudah kami rapatkan bagaimana penyelesaiannya,” katanya.
 
Iwa katakan, pihaknya berharap sejumlah lahan bisa segera dieksekusi, terlebih sudah mengantongi keputusan Mahkamah Agung. Selain itu, juga mendorong agar sejumlah lahan yang sudah ditelaah Pemkab Sumedang akan dibebaskan setelah Pemilu 2019. “Ini akan diakselerasi setelah Pemilu,” ujarnya.
 
Iwa juga menuturkan terowongan kembar Cisumdawu di daerah Rancakalong hanya akan digunakan satu sisi dari arah Bandung ke Cirebon. 
 
Satu terowongan belum difungsikan meski sudah tuntas karena memerlukan beberapa persiapan utilitas seperti rambu dan lain-lain. "Yang difungsikan masih satu arah, dari Bandung ke Cirebon,”katanya.
 
Kendati satu terowongan yang dipakai, Iwa menilai arus mudik ke arah Cirebon bisa memiliki dua alternatif utamanya menuju ke Sumedang. Pertama ruas Cisumdawu dan satu lagi jalan nasional via Cadas Pangeran.
 
 “Nanti detil pengaturannya oleh Dishub, tapi ini bisa difungsikan,” pungkasnya.