Ini Dia TPS Unik di Nyengseret, Tampil dengan Nuansa KAA

Ini Dia TPS Unik di Nyengseret, Tampil dengan Nuansa KAA
INILAH, Bandung – Untuk menarik partisipasi masyarakat datang ke TPS, beberapa TPS sampai mendekorasi dengan berbagai macam hiasan yang memiliki tema tersendiri. Salah satunya di TPS 24 RW 05, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung.
 
Di TPS 24 tersebut, panitia menentukan tema "Semarak Konferensi Asia Afrika", dikarenakan Hari Pemilihan pada 17 April 2019, berdekatan dengan peringatan Konferensi Asia Afrika.
 
Bertempat di Aula RW 05, saat memasuki halaman, pemilih akan disuguhkan bendera-bendera dari negara peserta KAA yang digantung dengan tali, begitu pun saat memasuki TPS 24 ini.
 
"Biasanya di tempat ini (Aula RW 05) untuk peringatan KAA, kita melakukan upacara, namun karena sekarang ada pemilu, sekalian aja ngambil tema untuk TPS," ucap Ketua KPPS TPS 24 Sandi Syarif, di lokasi TPS, Selasa (16/4/2019).
 
Sandi mengatakan di TPS tersebut diberi hiasan bendera-bendera negara peserta KAA dan panitia yang memakai kostum, agar menjadi pertanyaan juga untuk masyarakat yang datang.
 
"Jadi nanti masyarakat datang ke TPS itu tidak hanya nyoblos, mereka pasti liat bendera, kan jadi pertanyaan, makanya nanti anggota kami akan dikasih wawasan tentang maksud bendera-bendera tersebut," ucapnya.
 
Dia menambahkan panitia juga akan mengenakan kostum dari beberapa negara Asia dan Afrika, seperti India, Arab, Jepang, Burma, dan Afrika Selatan.
 
"Menghias TPS ini kami kerjakan dari kemarin, dengan dana dari operasional dan masyarakat, nantinya TPS ini akan ada 270 DPT yang nyoblos," katanya.
 
Menurut Sandi, dengan tema KAA ini, bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat, negara yang tergabung dalam KAA yang berbeda ras saja bisa bergabung dengan damai.
 
"Masa di Indonesia yang hanya beberapa partai tidak bisa bersatu, mudah-mudahan pada pemilu ini bisa toleransi, persaudaraannya bisa dijaga lagi, terutama perdamaiannya" ujarnya