Long Weekend, Yuk Noong Manuk di Bandung Zoo 

Long Weekend, Yuk Noong Manuk di Bandung Zoo 
net

INILAH, Bandung - Pada libur panjang akhir pekan ini, Bandung Zoo menggelar kegiatan istimewa. Aktivitasnya yaitu Noong Manuk atau pengamatan burung di kawasan kebun binatang. 

Kegiatan ini dilangsungkan di area Kebun Binatang Bandung. Kurator Bandung Zoo Panji Ahmad Fauzan mengatakan, selama ini terdata belasan jenis burung liar yang menjadikan area hampir 14 hektar ini sebagai rumah permanen atau sebagai tempat transit.

"Bila datang pagi sebelum pukul 08.00 kita bisa mendapati beberapa jenis burung liar," kata Panji, Jumat (19/4/2019).

Menurutnya, sejumlah jenis burung tersebut memang menjadikan area ini sebagai rumah. Kawasan kebun binatang menjadi tempat untuk mencari makan dan bersarang. Beberapa jenis burung migran juga pernah terlihat di area ini, misalnya burung raptor. 

"Kawasan ini pernah dijadikan tempat bernaung burung kowak malam biru yang jumlahnya mencapai ratusan. Namun, saat ini jumlahnya hanya puluhan saja," ujarnya.

Selain itu, ada juga beberapa ekor burung kicau. Kemungkinan burung peliharaan yang terlepas dan menjadikan area ini untuk bernaung. Panji mengaku, kegiatan Noong Manuk ini kerjasama Bandung Zoo dan Burung Indonesia. Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan.  

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini Burung Indonesia menyiapkan sejumlah binokuler atau teropong yang bisa digunakan pengunjung. Data dari hasil pengamatan itu rencananya akan dikumpulkan untuk kegiatan selanjutnya. 

"Kegiatan ini terbuka untuk umum dengan hanya membayar Rp50 ribu/orang. Dana ini sudah termasuk untuk sumbangan konservasi Rp10 ribu," pungkasnya.