Ujian Sekolah Drama Kolosal di SMK Pasundan 4 Bandung

Ujian Sekolah Drama Kolosal di SMK Pasundan 4 Bandung

RATUSAN siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pasundan 4, Kota Bandung menggelar drama musikal (kolosal). Kegiatan ini dalam rangka ujian sekolah yang di gelar di kampusnya.

Ada tiga mata pelajaran yang digabungkan dalam drama musikal (kolosal) ini, pertama mata pelajaran Seni Budaya, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Sunda (muatan lokal). Siswa terlihat antusias dalam kegiatan ini, semua terlibat untuk mendukung pagelaran yang memberikan edukasi ini.

Drama musikal adalah bentuk teater yang menggabungkan lagu, dialog ucapan, akting, dan tarian. Banyak hal yang bisa dipelajari oleh seluruh siswa dalam kegiatan ini.

"Pertama yang terlibat dalam kegiatan ini adalah kelas 12, mereka kan yang terakhir untuk pentas ini," ujar Wakasek Hubin SMK Pasundan 4 Bandung, Yanwar Adirianto, kepada INILAH, Kamis (18/4/2019).

Dia mengatakan, untuk meramaikan suasana, tidak hanya itu adik-adik kelas 10 dan 11 pun terlibat dalam kegiatan ini. Misalnya saja kelas 11, menjadi apresiator yang dihubungkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Nanti anak akan disuruh merangkum kegiatan ada kesimpulannya.

Tidak hanya itu, untuk kelas 10 akan ditampilkan bazar dan produk-produk untuk belajar wirausaha. Mulai dari makanan ringan dan minuman segar dari ciri khasnya masing-masing.

"Saya kira ini bagus, anak-anak bisa berjualan makanan dan minuman. Mereka kan sambil belajar juga, cara berwirausaha dan lainnya. Jumlah siswa kelas 12 yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 146 siswa dan kelas 10 dan 11 ada 467 siswa," ucapnya.

Melihat antusias yang cukup tinggi, maka pihak sekolah pun mendukung penuh kegiatan positif ini bagi para peserta didiknya. Salah satu bentuk dukungannya adalah, menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung.

Dia berharap, dengan adanya pengenalan ini, siswa bisa memanfaatkan dan aktif. Sehingga minat dan bakat mereka tersalurkan dengan baik. Selain itu, tidak hanya di bidang akademik, siswa juga bisa berkreasi di bidang seni ini.

"Kegiatan ini juga menjadi tempat promosi PPDB di SMK Pasundan 4 Bandung, karena kami bergabung dengan SMP. Di sisi lain kita juga untuk menampilkan SMK Pasundan 4 Bandung dari karya seni anak-anak," pungkasnya. (Okky Adiana).