Man City vs Tottenham, Balas Dendam!

Man City vs Tottenham, Balas Dendam!
Head to head dan prakiraan pemain Man City vs Tottenham Hotspur. (Anyo)

INILAH, Manchester- Manchester City sedang terluka. Lagi, mimpi mereka merajai Liga Champions terkubur dalam-dalam. Tottenham Hotspur biang keladinya!

Ya secara menyakitkan skuat besutan Pep Guardiola 'ditendang' Tottenham dari babak perempatfinal kompetisi paling bergengsi di Eropa itu. Kemenangan 4-3 di Etihad Stadium, tengah pekan lalu, jadi sia-sia lantaran mereka kalah agregat gol tandang.

Tapi kini, ada satu pelampiasan yang bisa diupayakan skuat besutan Pep Guardiola. Man City kembali meladeni Tottenham di Etihad Stadium, tapi dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (20/4) petang WIB.

"Ini (tersingkir dari Liga Champions) sulit. Kami hampir melewatinya. Memang kejam, tapi kami harus menerimanya," ujar Guardiola dilansir situs resmi klub.

Laga melawan Tottenham ini tak sekadar dendam. Tiga poin, begitu krusial bagi The Citizens dalam upaya mereka merajai pentas Liga Primer Inggris musim ini. Ya, kompetisi tertinggi Negeri Ratu Elizabeth kini masuk fase krusial.

Man City menempati posisi kedua klasemen sementara dengan 83 poin dari 33 laga. Mereka tertinggal satu poin dari Liverpool di puncak klasemen, yang sudah memainkan 34 pertandingan.

Guardiola pun tak menampik laga melawan Tottenham kali ini bak 'final'. Artinya, dia menuntut para pemain all out meraih kemenangan. Kalah, bisa jadi impian mengangkat trofi terkubur pula.

"Jadi pertemuan dengan Spurs adalah final buat kami. Namun, dalam beberapa kesempatan, saya selalu menegaskan Liga Primer Inggris adalah yang paling penting,'' tegasnya.

Guardiola kemungkinan besar takkan menerapkan kebijakan rotasi di laga ini. Semua pemain terbaik akan diturunkan. Trio Sergio Aguero, Raheem Sterling dan Bernardo Silva kembali jadi tumpuan di lini depan.

Trisula penyerang Man City, akan didukung barisan gelandang terbaik macam Kevin de Bruyne, Fernandinho, serta sang playmaker gaek David Silva.

Duel ini juga sangat penting bagi Tottenham yang tak aman di peringkat empat besar. Skuat besutan Mauricio Pochettino menempati posisi ketiga dengan 67 poin dari 33 laga, hanya unggul satu poin dari Arsenal dan Chelsea di posisi keempat dan kelima.

Manajer Mauricio Pochettino khawatir timnya gagal fokus. Dia tak menampik sebagian besar pemain masih dalam euforia kesuksesan melangkah ke semifinal Liga Champions.

"Ini (menjaga timnya tetap fokus) tidak akan mudah. Sulit memberi tahu para pemain untuk berhenti memikirkan tentang hasil laga kemarin dan semifinal Liga Champions," ujarnya.

Pochettino berharap para pemainnya membuang terlebih dahulu segala bentuk euforia. Dia menegaskan, hasil maksimal melawan Man City akhir pekan ini akan benar-benar krusial.

"Kami harus melupakan dulu Liga Champions sekarang dan mencoba bersiap diri untuk laga Sabtu besok," tegas Pochettino.

Manajer asal Argentina ini juga akan kembali menurunkan kekuatan terbaiknya. Tetapi kali ini, striker Fernando Llorente kemungkinan besar masuk sebagai pemain inti. Llorente mencetak gol penentu kelolosan Spurs ke semifinal Liga Champions di laga melawan Man City, tengah pekan lalu.

Llorente bakal didukung dua penyerang lubang, Lucas Moura dan Heung-Min Son. Sementara itu, barisan tengah diisi empat gelandang Walker Peters, Erik Wanyama, Cristian Eriksen, serta Davies. (bsf)

HEAD TO HEAD
17/04/19: Man City 4-3 Tottenham
09/04/19: Tottenham 1-0 Man City
20/10/19: Tottenham 0-1 Man City
14/04/18: Tottenham 1-3 Man City
16/12/17: Man City 4-1 Tottenham

LIMA LAGA TERAKHIR MAN CITY
17/04/19: Man City 4-3 Tottenham
14/04/19: Crystal Palace 1-3 Man City
09/04/19: Tottenham 1-0 Man City
06/04/19: Man City 1-0 Brighton
03/05/19: Man City 2-0 Cardiff

LIMA LAGA TERAKHIR TOTTENHAM
17/04/19: Man City 4-3 Tottenham
13/04/19: Tottenham 4-0 Huddersfield
09/04/19: Tottenham 1-0 Man City
03/04/19: TOttenham 2-0 Palace
31/03/19: Liverpool 2-1 Tottenham

PRAKIRAAN PEMAIN
Man City (4-3-3)

Ederson (GK) Delph, Laporte, Stones, Walker (B) Silva, Fernandinho, Bruyne (T) Sane, Jesus, Sterling (D)
Pelatih: Pep Guardiola
Tottenham (3-4-2-1)
Lloris (GK) Foyth, Sanchez, Vertonghen (B) Walker-Peters, Wanyama, Eriksen, Davies (T) Moura, Heung-Min (ss) Llorente (D)
Pelatih: Mauricio Pochettino