Haaa...? Messi Mau Gantung Sepatu?

Haaa...? Messi Mau Gantung Sepatu?

INILAH, Barcelona - Lionel Messi bakal pensiun dan gantung sepatu? Tapi, Presiden Barcelona, Josep Bartomeu terus mencoba menggodanya untuk tetap bertahan di Barcelona.

Lionel Messi kini memasuki musim ke-15 bersama Barcelona di Camp Nou. Tapi, klub Catalunya itu sadar, mereka tak bisa selamanya bergantung pada bintang Argentina itu.

Mereka, betapapun, tetap berkomitmen mempertahankannya di Barcelona selama mungkin. Belum lama ini, kontrak seumur hidup sudah diajukan kepada Lionel Messi.

Lionel Messi sendiri sudah punya rencana gantung sepatu. Pemain terbaik dunia lima kali itu menyatakan keinginannya untuk kembali ke klub masa kanak-kanaknya, Newell's Old Boys sebelum gantung sepatu.

Menurut Luca Caioli, penulis buku best seller 'Messi, More Than a Superstar', Lionel Messi bisa jadi akan memasuki tiga tahun terakhirnya bersama Barcelona sebelum pulang kampung ke Argentina.

"Saya kira dia takkan pindah dari Barcelona. Mungkin dua atau tiga tahun lagi, atau semacam itulah, dia bisa kembali ke Argentina bersama klub pertamanya, Newell's Old Boys," ujarnya.

Tapi, dia memahami, jika melihat dari keinginan Presiden Barcelona Josep Bartomeu yang ingin menyodorkan kontrak seumur hidup, bisa saja Messi akan bertahan selamanya di Camp Nou. "Kita lihat di pertandingan terakhir lawan Manchester United bahwa dia seorang jenius," sebutnya.

Messi menandatangani perpanjangan kontrak empat tahun pada November 2017 lalu. Itu membuatnya akan bertahan bersama Barcelona selama empat tahun.

Bartomeu, dalam pada itu, terus berupaya menggoda Messi agar selamanya bersama Barcelona. Hanya saja, dia juga bisa menerima jika Barcelona harus punya strategi bagaimana berprestasi setelah Messi. Rekrutmen pemain akhir-akhir ini adalah salah satu upayanya.

Barcelona sudah menghabiskan 300 juta pound untuk membeli sejumlah pemain akhir-akhir ini. Termasuk di antaranya Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan terakhir Frenkie De Jong.

"Saya tahu, suatu hari Lionel akan mengatakan dia mundur. Kami harus menyiapkan klub ini untuk masa depan. Kami membawa pemain-pemain muda yang hebat ke dalam tim karena kami ingin melanjutkan sukses ini. Itulah tanggung jawab kami," tambah Bartomeu.

Barcelona berada pada jalur treble pada musim kedua di bawah asuhan pelatih Ernesto Valverde. Perintang terkuat mereka kemungkinan hanya datang dari Liverpool, klub yang harus dihadapi Barcelona di semifinal Liga Champions.