Piala Gubernur Jabar 2019 Akan Hadirkan Atlet Futsal Profesional

Piala Gubernur Jabar 2019 Akan Hadirkan Atlet Futsal Profesional
Piala Gubernur Jabar 2019 Akan Hadirkan Atlet Futsal Profesional
Piala Gubernur Jabar 2019 Akan Hadirkan Atlet Futsal Profesional

INILAH, Jatinangor – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar terus menginventarisasi atlet futsal dari kalangan muda. Mereka dipersiapkan untuk bias memperkuat Jabar di even nasional maupun internasional.

Upaya inventarisasi atlet dituangkan dalam kejuaraan daerah bertitel Piala Gubernur. Upaya ini pun menjadi salah satu upaya Dispora Jabar dalam mewujudkan visi Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakni Terwujudnya Jabar Juara Lahir dan Batin.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna saat membuka kejurda futsal 'Piala Gubernur Jabar 2019' di GOR Futsal Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu (21/4/2019). 

"Kejurda ini sudah menjadi program tahunan Dispora Jabar yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan pengurus provinsi cabang olahraga dengan target mewujudkan milenial juara dan olahraga juara demi terciptanya Jabar Juara Lahir dan Batin. Di olahraha futsal, kita berkolaborasi dengan Asprov PSSI Jabar dan AFP Jabar," ujar Engkus.

Engkus menilai, kejurda yang digelar di cabang olahraga futsal sangat tepat karena diikuti atlet-atlet dengan rentang usia milenial yakni 16-30 tahun. Selain itu, dari gelaran kejurda pun diharapkan bisa muncul bibit atlet potensial yang bisa menjadikan Jabar di juara di kancah kompetisi olahraga tingkat nasional hingga internasional.

"Dari pelaksanaan kejurda ini, kita akan inventarisir atlet potensia yang di masa depan bisa memperkuat Jabar di even nasional atau bahkan Indonesia di even internasional," terangnya.

Engkus berharap, setiap pengprov cabang olahraga bisa melanjutkan proses pembinaan atlet secara berjenjang. Mulai dari level provinsi, kota dan kabupaten, hingga ke level klub sehingga semakin banyak bermunculab atlet-atlet potensi juara kedepan.

"Untuk tahun ini, kami dari Dispora memfasilitasi gelaran kejuaraan di 12 cabang olahraga. Termasuk di futsal yang baru dimulai dan sebelumnya di tenis meja yang baru usai. Selain itu, kami pun sudah menggelar kompetisi klub tingkat pelajar untuk mendukung pembibitan atlet di Jabar terus berlangsung secara kontinyu," jelasnya. (dey)