Baru 60 Persen SMP di Indramayu Melaksanakan UNBK

Baru 60 Persen SMP di Indramayu Melaksanakan UNBK
net

INILAH, Bandung-Bupati Indramayu, Supendi mengatakan baru 60 persen sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di Kota Mangga itu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 secara mandiri dan sisanya masih menumpang ke sekolah lain.

"Tahun ini sekitar 60 persen sekolah yang mampu melaksanakan UNBK mandiri," kata Bupati Supendi di Indramayu, Jawa Barat, Senin (22/4/2019) setelah melakukan monitoring pelaksanaan UNBK.

Supendi mengatakan Pemkab Indramayu sudah menargetkan pada tahun 2020 semua sekolah dapat melaksanakan UNBK secara mandiri tanpa harus menumpag di sekolah lain.

"Sisanya yang 40 persen in-sya Allah tahun depan kita targetkan bisa mandiri secara keseluruhan, sehingga tidak lagi menumpang di sekolah lain," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Ali Hasan mengatakan dari 203 sekolah penyelenggara UNBK, sebanyak 45 SMP negeri telah melaksanakan UNBK secara mandiri.

Sedangkan untuk SMP swasta yang melaksanakan UNBK mandiri sebanyak 64 sekolah, sisanya masih menumpang di sekolah lain.

"Tapi sekolah yang melaksanakan UNBK dengan menumpang juga lokasinya tidak terlalu jauh," katanya.

Ali menambahkan untuk jenjang SMP yang mengikuti UNBK sebanyak 19.422 siswa sedangkan tingkat SD sebanyak 26.367 siswa.

Bupati melakukan monitoring UNBK tersebut dengan mendatangi SMPN 1 Sindang> Di sekolah tersebut UNBK dilakukan di gedung SMKN 1 Sindang dengan jumlah siswa mencapai 344 orang.

Kemudian dilanjutkan ke SMPN 2 Sindang yang mampu melakukan UNBK mandiri dengan jumlah siswa mencapai 266 orang. (ant)