Bazar Murah Kepokmas Diserbu Warga Kota Bandung

Bazar Murah Kepokmas Diserbu Warga Kota Bandung

INILAH, Bandung,- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) mengadakan bazar murah Kebutuhan Pokok Nasional (Kepoknas) 2019, di Halaman Kantor Balai Industri dan Promosi Disdagin Kota Bandung, Senin (22/4).

Rencananya, Disdagin Kota Bandung bakal terus menggelar bazar tersebut di tiga titik. Mulai dari halaman Kantor Balai Industri dan Promosi Disdagin sebagai titik pertama dilanjutkan di halaman Kantor Kecamatan Sukasari 25-26 April 2019 dan 2-3 Mei di halaman Kantor BLPT Jalan Pahlawan, Kecamatan Cibeunying Kaler.

Dalam kegiatan yang disambut antusias masyarakat ini, sejumlah kepokmas dijual di antaranya, minyak goreng, terigu, dan daging ayam.

Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial menyatakan, operasi bazar kepoknas murah ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Bandung agar masyarakat bisa menjangkau kebutuhan pokok.

"Saya kira tugas pokok fungsi pemerintahan itu regulasi, menghadirkan keadilan kesejahteraan, rasa aman nyaman. Bisa aman dan nyaman sejahtera di antaranya ketika sembakonya bisa terjangkau dan bisa dikendalikan oleh kita," kata Oded seusai pembukan bazar murah, Senin (22/4).

Oded berharap, Disdagin bisa terus menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia, Bulog, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Pertamina dan sejumlah stakeholder lainnya yang mendukung operasi bazar murah jelang Ramadan kali ini. Sehingga bazar murah bisa terlaksana secara berkala.

"Ke depan ini dipikirkan bagaimana kita menghadirkan harga murah ini bukan hanya menjelang Ramadan, tapi bisa sebulan sekali dengan harga-harga seperti ini. Dalam rangka memberikan ke masyarakat dalam hal makanan konsumsi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, menjelang hari besar keagamaan kerap menjadi celah bagi para pedagang untuk menaikan harga jual kepoknas. Hal itu juga sebagai dampak dari meningkatnya permintaan pasar lantaran konsumsi masyarakat jelang hari raya ikut bertambah.

"Semoga bazar murah ini bermanfaat khususnya untuk muslim Kota Bandung yang akan melaksanakan ibadah saum Ramadan. Ini salah satu bukti bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat. Kita menjaga stabilitas harga pangan," ucap Elly.

Dia mengungkapkan Disdagin tidak hanya menjaga stabilitas harga kepoknas di hilir, tetapi mempertahankan ketersediaan pasokan kepoknas bagi masyarakat Kota Bandung. Untuk itu, Disdagin bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan)."Mudah-mudahan ini bisa efektif. Kita menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir," katanya